Jokowi minta efektifkan peran kelurahan-RT/RW atasi pandemi COVID-19

id Presiden jokowi, doni monardo,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Jokowi minta efektifkan peran kelurahan-RT/RW atasi pandemi COVID-19

Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka Jakarta melalui "video conference" pada Kamis (19/3/2020). (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo dalam Rapat Terbatas Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, meminta jajarannya mengefektifkan peran kelurahan, desa hingga RT/RW dalam upaya mengatasi pandemi virus corona penyebab COVID-19.

"Presiden meminta agar mengefektifkan kelurahan, desa sampai dengan tingkat RT/RW mengingat perangkat tersebut memiliki PKK, karang taruna dan relawan di daerah," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo seusai mengikuti Ratas di Jakarta, Kamis.

Doni mengatakan bahwa dalam Rapat Terbatas tersebut Presiden juga menekankan pentingnya kemandirian daerah.

Baca juga: Kondisi pasien positif COVID-19 di Lampung stabil

Daerah diharapkan bisa fokus dalam melakukan sosialisasi dan mitigasi terhadap segala hal yang berkaitan dengan penanganan pandemi COVID-19.

Selain itu Presiden meminta meningkatkan kemampuan atau mobilisasi para dokter yang mungkin dapat dihimpun menjadi relawan termasuk tenaga medis, ambulan dan mahasiswa semester akhir.

Lebih jauh Doni menyampaikan bahwa sejumlah tokoh nasional dan pengusaha telah menyanggupi menyiapkan fasilitas hotel milik mereka manakala fasilitas pemerintah terbatas, baik di Jakarta dan juga di sejumlah daerah lain.

Presiden sendiri mengatakan bahwa Wisma Atlet di Kemayoran dan hotel milik BUMN dapat digunakan sebagai rumah sakit darurat jika diperlukan.*

Baca juga: Tari klasik Jepang bertahan menghadapi corona lewat pelajaran daring
Baca juga: Cegah corona, layanan pesan antar Pertamina dinilai inovatif
Baca juga: ini kiat Sandra Dewi agar anak tak bosan di rumah saat "social distancing"