GIPI nilai Presiden Jokowi lokomotif pariwisata nasional

id Michael umbas, jokowi, labuan bajo,wisata indonesia

GIPI nilai Presiden Jokowi lokomotif pariwisata nasional

Ketua Umum DPP Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas (kanan) berbincang dengan Presiden Joko Widodo, di Semarang, Minggu (3/2/2019). (Foto: Dok. Michael Umbas)

Wakil Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Michael Umbas menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjukkan kemampuannya sebagai lokomotif pariwisata nasional.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Michael Umbas menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjukkan kemampuannya sebagai lokomotif pariwisata nasional.

"Presiden Jokowi menjadi lokomotif yang menarik semua elemen untuk bekerja tuntas, mewujudkan kebijakan yang tepat, agar sektor pariwisata bisa bergerak maju, berdaya saing tinggi dan menarik devisa untuk ekonomi negara," kata Michael Umabs dalam keterangan di Jakarta, Selasa.
Baca juga: Bahlil undang jaringan hotel Jumeirah Group investasi di tiga destinasi wisata Indonesia

Pernyataan Umbas menyusul kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dinilainya dapat mempercepat pembangunan destinasi super prioritas Labuan Bajo yang memiliki segmen market super premium.

Dia menilai melalui kunjungan tersebut Presiden menunjukkan keseriusan, tidak hanya memberi instruksi, tapi turun langsung ke bawah memastikan dan mengecek lapangan, melihat sendiri, merasakan denyut aktivitas masyarakat dan pelaku Industri untuk mengambil kebijakan yang komprehensif.

Dia mengatakan di sela kunjungan kerjanya, Presiden sempat menggelar rapat bersama sejumlah jajarannya untuk membahas pengembangan destinasi wisata Labuan Bajo.

Presiden juga menekankan sejumlah hal antara lain penataan kawasan, integrasi yang berkaitan dengan kerapihan, kebersihan, kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan yang sangat diperlukan.

"Presiden menjadi lokomotif sektor pariwisata. Sehingga pariwisata Indonesia terus bertransformasi menjadi sektor utama penggerak perekonomian nasional," jelas dia.
Baca juga: Perlu revitalisasi pariwisata Indonesia, jaring lebih banyak wisatawan berkualitas

Dia menyampaikan ketika pariwisata di Tanah Air menggeliat, maka dapat dipastikan lapangan kerja terbuka dan akan semakin meningkat, sehingga perekonomian masyarakat juga bergerak.

"Kami optimistis Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama dapat berkolaborasi dengan Menteri BUMN Erick Thohir dan kementerian lainnya untuk bekerja simultan mengembangkan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata berkualitas dan berkelas dunia bersama destinasi super priotitas lainnya," jelas dia.

Lebih jauh Umbas yang juga Komisaris Hotel Indonesia Natour berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang dalam kunjungannya juga meresmikan langsung Hotel Inaya Bay Komodo yang dikelola oleh Hotel Indonesia Natour, sebagai Hotel milik BUMN ASDP yang secara khusus disiapkan untuk menunjang Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium di NTT.