Seorang pasukan elit AS tewas di Somalia

id Pasukan khusus AS, Somalia,Al-shahab

Seorang pasukan elit AS tewas di Somalia

Sumber resmi Somalia menyebutkan pasukan komando yang dilatih AS, telah menyerbu sejumlah besar basis Al-shabaab di kawasan Galgaduud, yang menewaskan sedikitnya 15 militan. (mareeg.com)

Washington (Antara/Reuters) - Satu tentara khusus Amerika Serikat tewas dan empat lagi terluka pada Jumat ketika mereka diserang di Somalia dalam gerakan terhadap petempur ash-Shabaab, kata tentara Amerika Serikat.
        
Pasukan gerakan khusus Amerika Serikat bertempur bersama sekitar 800 tentara dari Pasukan Keamanan Negara Somalia dan Pasukan Pertahanan Kenya ketika diserang sekitar pukul 14.45 oleh mortir dan tembakan senjata ringan.
        
Satu tentara setempat juga terluka dalam serangan itu, kata pernyataan tentara Amerika Serikat, tanpa menjelaskan apakah korban itu bagian dari pasukan Somalia atau Kenya.
        
Meskipun salah satu orang Amerika Serikat, yang terluka, tidak mendapatkan perawatan tambahan sesudah dirawat di lapangan, tiga yang lain dan prajurit setempat, yang terluka, diangkut untuk perawatan lebih lanjut.
        
Pasukan itu bertugas membersihkan ash-Shabaab dari daerah bergolak serta desa di bawah kekuasaan petempur tersebut, "dan mendirikan pos tempur tetap" untuk memperluas jangkauan negara Somalia, kata pernyataan Komando Afrika tentara Amerika Serikat.
        
"Amerika Serikat memberikan saran, bantuan, dan pengamatan udara dalam tugas itu," katanya.
        
Sekitar 500 tentara negara adidaya tersebut ditempatkan di Somalia.
        
Ash-Shabaab berjuang menggulingkan pemerintah pusat Somalia dan menetapkan aturannya berdasarkan atas tafsir hukum Islam.
        
Sejak didorong keluar dari Mogadishu pada 2011, kelompok tersebut kehilangan kendali atas sebagian besar kota dan kota besar Somalia, tapi mempertahankan kehadiran kuat di wilayah di luar ibukota itu.

Penerjemah : B Soekapdjo/M. Anthoni