Juara Tahfizh Quran, Thoriq Raih Rp347 Juta

id juara tahfizh raih rp347 juta, thoriq bin edi rahmad, mtq sheikh jasim bin muhammad bin thani competition

Juara Tahfizh Quran, Thoriq Raih Rp347 Juta

Thoriq bin Edi Rahmad (kanan depan) saat menerima hadiah atas keberhasilannya meraih juara MTQ di Qatar (Foto : Ist)

...Alhamdulillah. Thoriq satu-satunya wakil dari Indonesia yang sampai tahap akhir dan akhirnya menjadi juara pertama," ujar Edwin...
London (ANTARA LAMPUNG) - Thoriq bin Edi Rahmad asal Indonesia berhasil menjadi juara tahfizh Quran 30 juz pada lomba Mussabaqah Tilawatil Quran (MTQ) "Sheikh Jasim bin Muhammad bin Thani Competition" di Qatar.

Atas keberhasilannya itu, Thoriq mendapatkan hadiah uang QAR 100,000 atau sekitar Rp348 juta. Thoriq merupakan  putra Ketua Indonesia Diaspora Network (IDN) Kuwait, Edi Rahmad, kata Minister Counsellor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Doha, B. Dharmawan kepada Antara London, Kamis (14/12).

Edi Rahmat yang juga anggota  Ikatan  Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) di Kuwait terbang ke Doha setelah memperoleh undangan panitia MTQ guna menghadiri penyerahan hadiah MTQ.

Menurutnya, kejuaraan dilakukan dalam tiga babak, babak awal terdapat 600 peserta kemudian mengerucut menjadi 15 peserta dan selanjutnya babak final menyisakan lima orang.

"Alhamdulillah. Thoriq satu-satunya wakil dari Indonesia yang sampai tahap akhir dan akhirnya menjadi juara pertama," ujar Ketua Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) Edwin Kurniawan.

Selain mendapat hadiah uang QAR 100,000, Thoriq  juga menerima program beasiswa pendidikan di Qatar menyisihkan 600 pesaing dari manca negara.

Menurut Edwin, karena Qatar lagi diblokade oleh negara tetangganya  Edi Rahmad kesulitan mengirim uang hadiah karena pembatasan dari Pemerintah Qatar.

"Terpaksa uangnya dikirim  nyicil karena tidak bisa sekaligus," ujar anggota IATMI Qatar itu.

Sheikh Jassim Bin Muhammad Holy Qur'an Competition adalah kompetisi musabaqah yang paling prestisius di Qatar dengan hadiah yang cukup besar bagi pemenang yang didedikasikan untuk mengenang komitmen terhadap nilai-nilai mulia Sheikh Jassim Bin Muhammad Al-Thani sebagai pendiri negara Qatar.
(ANTARA)