Bank Muamalat Kucurkan Dana Pendidikan di Lampung

id bank muamalat serahkan bantuan pendidikan

Bank Muamalat Kucurkan Dana Pendidikan di Lampung

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lampung mengucurkan dana pendidikan bagi anak-anak dari keluarga prasejahtera di Bandarlampung, Jumat (2/12) (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

...Program itu meneruskan komitmen untuk meningkatkan kualitas masyarakat melalui pendidikan...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lampung mengucurkan dana pendidikan sebesar Rp80 juta bagi anak-anak dari keluarga prasejahtera di daerah itu.

"Program itu meneruskan komitmen untuk meningkatkan kualitas masyarakat melalui pendidikan," kata Direktur Operasional Bank Muamalat MP Lingga di Bandarlampung, Jumat (2/12).

Ia menyebutkan, Program Beasiswa Muamalat berupa "Sekolah Prestasi Muamalat" tersebut ditujukan untuk mendukung peningkatan indeks pembangunan manusia Provinsi Lampung baik sisi akademis maupun rohani.

Pendidikan, menurutnya, merupakan satu dari tiga komponen utama dari IPM yang menunjukkan seberapa besar tingkat kemajuan suatu daerah dilihat dari pembangunan sumber daya manusia.

Selain pendidikan, lanjutnya, terdapat komponen angka harapan hidup dan indeks daya beli.

"Program beasiswa dari Bank Muamalat berbeda dengan program beasiswa yang lain karena para penerima beasiswa berasal dari keluarga prasejahtera dan diwajibkan mengikuti hafalan Alquran," ujarnya.

Ia mengharapkan setelah selesai mengikuti porgram beasiswa itu, para mahasiswa dapat menjadi calon penggerak ekonomi syariah yang juga hafidz Alquran.

Hal itu, lanjutnya, sebagai tanggapan atas perhatian Pemerintah Provinsi Lampung yang sejak tahun lalu yang mwemberikan perhatian khusus bagi para penghafal Alquran yang diharapkan menjadi motor pembentukan moral umat.

MP Lingga menambahkan adanya program Sekolah Prestasi Muamalat dapat membantu peningkatan kualitas sumber daya insani yang mendukung pertumbuhan industri keuangan syariah di Lampung.

Pada program Sekolah Prestasi Muamalat juag dilakukan penadatanganan nota kesepahaman antara Bank Muamalat dan Baznas Lampung yang dilakukan bersamaan dengan Gathering Haji Bank Muamalat Cabang Lampung.

Ketua Baznas Lampung Ir H Mahfud Santoso mengharapkan dukungan dan kerja sama PT bank Muamalat, agar makin banyak dana yang akan digulirkan untuk bantuan maupun beasiswa.

"Bantuan ini sangat diharapkan agar dapat membantu anak-anak berprestasi dari kalangan prasejahtera. Ke depan kami akan menyalurkan bantuan bagi anak-anak berprestasi di 15 kabupaten dan kota," jelasnya.

Baznas, lanjutnya, memberikan beasiswa kepada mahasiswa IAIN Raden Intan dan Univeritas Lampung dengan besaran Rp700 ribu/bulan, bantuan untuk guru honorer sebesar 700 ribu/bulan, dan bantuan modal bergulir usaha kecil sebesar satu juta rupiah.

Kemudian, modal bergulir untuk petani kambing Rp25 juta, bantuan modal bergulir untuk petani sayuran Rp5 juta, dan bantuan modal bergulir bagi petani jagung sebesar Rp10 juta, serta bantuan kesehatan (BPJS) untuk tuna netra sebesar kurang lebih Rp6,1 juta per bulan.(Ant)