Kejari Bandarlampung terima denda terpidana Alay dalam kasus korupsi APBD

id Alay, denda alay, pembayaran denda alay

Kejari Bandarlampung terima denda terpidana Alay dalam kasus korupsi APBD

Penyerahan pembayaran denda terpidana Sugiarto Wiharji alias Alay di Kejari Bandarlampung. (ANTARA/DAMIRI)

Untuk kekurangan uang kerugian negara lainnya sudah kita koordinasikan dengan pihak terkait
Bandarlampung (ANTARA) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandarlampung, menerima pembayaran uang denda sebesar Rp500 juta dari terpidana Sugiarto Wiharjo alias Alay dalam perkara tindak pidana korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lampung Timur Tahun 2008.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bandarlampung, Helmi Hasan mengatakan penyerahan pembayaran denda tersebut telah diserahkan melalui penasihat hukumnya bersama keluarga dari terpidana Alay.

"Hari ini kami sudah menerima pembayaran denda dari terpidana Alay disaksikan oleh penasihat hukumnya, keluarga terpidana, pihak Bank Mandiri, dan lainnya," kata Helmi di Bandarlampung, Jumat.

Dia melanjutkan pembayaran denda tersebut merupakan pelaksanaan terhadap putusan Mahkamah Agung RI Nomor: 510K/Pid.Sus/2014 Tanggal 24 Mei 2014. Uang tersebut kemudian akan disetorkan ke kas negara melalui Bank Mandiri.

Pembayaran tersebut, lanjut dia, juga merupakan arahan dari Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Lampung, Kuntadi untuk optimalisasi eksekusi terutama penyelesaian denda dan uang pengganti pada tindak pidana korupsi.

"Langkah-langkah yang telah kami lakukan untuk merespon apa yang diarahkan pimpinan dalam hal ini Kajati Lampung untuk melakukan koordinasi dan hasilnya kita sepakati bahwa terpidana melalui penasihat hukumnya serta keluarga sepakat menyerahkan pembayaran denda," ujarnya.

"
Kami dan jajaran juga akan fokus dalam melaksanakan optimalisasi penyelesaian eksekusi ini, karena untuk eksekusi badan sudah kami lakukan tinggal umumnya kami melakukan eksekusi terhadap uang pengganti," tambahnya.

Ia menambahkan untuk saat ini pembayaran yang harus dibayarkan oleh terpidana Alay berupa pembayaran uang pengganti dengan total sisa pembayaran kurang lebih sebesar Rp67,71 miliar.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih atas kerja sama ini dan diharapkan pada pidana lain khususnya tindak pidana korupsi agar dapat segera menyelesaikan pembayaran denda maupun uang pengganti.

"Untuk uang pengganti Alay sampai saat ini kami berupaya melakukan pelacakan dan pelelangan terhadap aset-aset Alay untuk mencukupi uang pengganti yang wajib dibayarkan nya," katanya.

Penasihat hukum terpidana Alay, Bey Sujarwo mengatakan sampai saat ini untuk kondisi kesehatan Alay sendiri masih dalam keadaan sehat di Lapas Gunung Sindur. Uang denda yang dibayarkan ke Kejari Bandarlampung tersebut merupakan iktikad baik Alay untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Beliau berpesan mumpung masih dalam keadaan sehat dan masih sanggup berjuang untuk membayar denda maupun kerugian negara sesuai putusan Mahkamah Agung tersebut," kata dia.

Terakhir, tambah Sujarwo, terpidana Alay sendiri telah mencicil uang kerugian negara sebesar Rp28 miliar ke Kejaksaan Agung (Kejagung). Uang pencicilan kerugian negara tersebut merupakan hasil penjualan lelang aset berupa sebidang tanah seluas 1,4 hektare yang berada di Jalan Yos Sudarso, Bandarlampung beberapa waktu lalu.

"Sebelumnya juga telah mencicil kerugian negara sebesar Rp1 miliar dan Rp10 miliar. Sehingga, total uang yang telah dicicil sebesar Rp39,14 miliar dari uang pengganti senilai Rp106 miliar lebih," kata dia lagi.

"Sisanya masih Rp67, 71 miliar. Untuk kekurangan uang kerugian negara lainnya sudah kita koordinasikan dengan pihak terkait dengan mudah-mudahan segera dapat kita lunasi sehingga klien kami mendapat hak-haknya sebagai warga binaan," katanya.

Baca juga: Terpidana Alay segera bayar denda Rp500 juta dalam perkara korupsi APBD

Baca juga: Terpidana Alay setor kerugian negara sebesar Rp28 miliar

Baca juga: Terpidana Alay desak kejaksaan terkait lelang asetnya untuk bayar kerugian negara