Dompet Dhuafa Jatim buka pos mudik

id Dompet Dhuafa Jawa Timur,Pos Mudik Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa Jatim buka pos mudik

Dompet Dhuafa Jatim buka pos mudik. FOTO ANTARA/HO-DOMPET DHUAFA.

Jawa Timur (ANTARA) - Menjelang Idul Fitri 1445 H, Dompet Dhuafa Jawa Timur kembali menggelar Pos Mudik Dompet Dhuafa.

Dompet Dhuafa menunjuk Disaster Management Center (DMC) menjadi koordinator Pos Mudik kali ini.

Dompet Dhuafa membuka Pos Mudik yang berlokasi di Masjid Abnais Sabil, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi pada hari Jumat (05/04/2024).

Masjid Abnais Sabil merupakan kawasan yang sangat strategis, lantaran berada tepat di depan Pelabuhan Ketapang yang merupakan kawasan padat pemudik. 

Pelabuhan Ketapang juga merupakan alternatif satu-satunya yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Bali sehingga banyak pemudik dari Pulau Jawa maupun Pulau Bali yang ingin pulang ke kampung halaman.

Tema Pos Mudik pada tahun ini adalah Ramah Keluarga. Banyak permasalahan yang sering dihadapi pemudik, mulai dari kesehatan, logistik, dan tempat istirahat.

“Dompet Dhuafa berharap melalui Pos Mudik ini mampu membantu pemudik agar bisa bepergian dengan aman dan selamat sampai ke kampung halaman,” ujar Mochamad Syaiban selaku Penanggung Jawa Pos Mudik penempatan Banyuwangi.

Dompet Dhuafa menyediakan berbagai layanan lewat Pos Mudik 2024. Layanan yang banyak diminati adalah Pos Hangat dan Layanan Kesehatan. 

Dompet Dhuafa menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis dengan layanan antara lain pengecekan gula darah, pemeriksaan tekanan darah, juga menyediakan paket nutrisi dan hygiene kit untuk para pemudik..

Selain Pos Hangat, layanan Buka Bersama dan Sahur menjadi pengobat bagi para pemudik yang hendak melaksanakan ibadah dengan kenyang dan menyehatkan.

Kemudian juga terdapat _Kids Corner_ yang merupakan layanan yang diperuntukkan bagi anak-anak. Anak-anak bisa bermain dan belajar dengan santai secara aman dan nyaman di sini, sekaligus menjadi obat jenuh dari perjalanan yang panjang menuju kampung halaman.

Tak sampai di situ, sebagai wujud kolaboratif, Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan kawan-kawan tunanetra untuk menghadirkan layanan pijat gratis kepada para pemudik. Dompet Dhuafa berharap dengan hadirnya layanan pijat gratis ini mampu menghilangkan rasa lelah dan pegal yang dialami para pemudik dalam perjalanan.

Salah satu penerima manfaatnya adalah Arif dan Chandra yang merupakan pemudik asal Denpasar yang ingin pulang ke kampung halaman di Semarang, Jawa Tengah. 

“Saya sangat berterima kasih kepada Dompet Dhuafa yang telah membuka Pos Mudik kali ini. Ini memudahkan saya dalam perjalanan menuju kampung halaman. Semoga Dompet Dhuafa sukses selalu dan berkah untuk semua,” ucap Arif.

”Semoga Pos Mudik pada tahun ini dapat memberikan manfaat dan dapat memberikan kenyamanan, keamanan dan juga keselamatan untuk para pemudik,” imbuh Chandra. 

Semoga para pemudik dapat sampai ke tujuan dengan selamat agar di pertemukan kembali oleh keluarganya.

Pos Mudik Dompet Dhuafa merupakan program kolaborasi antar jejaring organ dan cabang Dompet Dhuafa yang di antaranya Disaster Management Center (DMC), Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC), Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM), Institut Kemandirian (IK) dan Dompet Dhuafa Cabang Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

adv/berita kerja sama