Polda Lampung cek urine sopir bus pastikan mudik aman

id Lampung,Bandarlampung,Polda Lampung,Mudik,Lebaran ,Lebaran 2024

Polda Lampung cek urine sopir bus pastikan mudik aman

Polda Lampung melaksanakan tes urine dan kesehatan para sopir bus guna memastikan pelaksanaan arus mudik Lebaran 2024 berjalan aman dan nyaman. Bandarlampung, Jumat (5/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Lampung)

Hal ini untuk memastikan standar keselamatan terpenuhi saat arus mudik, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Bidang Pembinaan Dokter Kesehatan (Biddokkes) Polda Lampung melaksanakan tes urine dan kesehatan para sopir bus guna memastikan pelaksanaan arus mudik Lebaran 2024 berjalan aman dan nyaman.

"Pemeriksaan kesehatan para sopir bus yang beroperasi di wilayah Lampung ini difokuskan pada tes urine," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Jumat.

Menurutnya, tes urine menjadi aspek utama dalam menilai kesiapan fisik dan mental pengemudi, serta untuk memastikan mereka tidak mengonsumsi zat-zat terlarang yang dapat mempengaruhi konsentrasi saat berkendara.

"Diharapkan diharapkan dengan pemeriksaan kesehatan ini, lingkungan berkendara menjadi lebih aman dan tertib, bukan hanya saat arus mudik lebaran, tetapi juga sepanjang tahun," kata dia.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan sopir bis, lanjut Kombes Umi, kegiatan yang dilaksanakan di Terminal Rajabasa ini juga sekaligus memeriksa kelengkapan pengemudi dan kendaraan.

"Hal ini untuk memastikan standar keselamatan terpenuhi saat arus mudik," kata dia

Menurut Kabid Humas Polda Lampung itu, kegiatan ini merupakan komitmen untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan, khususnya saat arus mudik Lebaran 2024.

"Kami bersyukur, para sopir bus menyambut kegiatan ini dengan positif, menyadari pentingnya menjaga kondisi fisik dan mental saat berkendara. Keselamatan adalah tanggung jawab bersama, dan partisipasi aktif dari semua pihak diperlukan untuk menjaga keamanan di jalan raya," katanya.