Satgas Karhutla Polres Lampung Timur selidiki kebakaran hutan di TNWK

id Lampung,Bandarlampung,Lampung Timur,Karhutla,Kebakaran di TNWK,kebakaran tnwk

Satgas Karhutla Polres Lampung Timur selidiki kebakaran hutan di TNWK

Petugas kepolisian bekerjasama dengan Polhut, TNI Kodim 0429/Lampung Timur serta masyarakat sekitar sedang berupaya memadamkan api yang membakar lahan di kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur, Jumat (6/10/2023).  ANTARA/HO-Polres Lampung Timur

Kami sedang lakukan penyelidikan apakah kebakaran lahan di TNWK ini ada unsur kesengajaan atau tidak.
Bandarlampung (ANTARA) - Satgas Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) Polres Lampung Timur, Polda Lampung bersama Tim Terpadu terus melakukan penyelidikan terkait peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK).

"Tim Terpadu Satgas Karhutla, kini sedang melakukan proses pemetaan titik-titik hotspot, luas area wilayah, termasuk dugaan jika memang ada unsur kesengajaan, yang mengakibatkan terjadinya kebakaran di kawasan hutan TNWK," kata Kapolres Lampung Timur AKBP M Rizal Muchar, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Jumat.

Dia menegaskan kembali bahwa Satgas Karhutla saat ini sedang bekerja, untuk menyelidiki serta mengungkap faktor utama yang memicu terjadinya kebakaran, di dalam kawasan hutan TNWK di Lampung Timur.

"Kami sedang lakukan penyelidikan apakah kebakaran lahan di TNWK ini ada unsur kesengajaan atau tidak," kata dia lagi.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat khususnya yang berada di kawasan penyangga TNWK, untuk ikut berperan serta menjaga kelestarian kawasan hutan TNWK.

“Melalui Bhabinkamtibmas, kami juga telah melakukan sosialisasi dan imbauan untuk tidak sembarangan membuang puntung rokok, atau membakar sampah, karena dalam kondisi musim kemarau saat ini, hal-hal tersebut sangat berpotensi mengakibatkan terjadinya kebakaran,” kata dia.

Alumni Akademi Kepolisian Tahun 2002 tersebut juga mengatakan telah melakukan upaya pemadaman bersama instansi terkait dan masyarakat.

“Upaya pemadaman telah kami lakukan bekerjasama dengan Polhut, TNI Kodim 0429/Lampung Timur serta masyarakat sekitar, dan saat ini 
api penyebab kebakaran di TNWK telah padam," kata dia pula.
Baca juga: Kebakaran di SPTN Wilayah I Way Kanan berhasil dipadamkan
Baca juga: Petugas masih sisir titik berpotensi timbulkan kebakaran di TNWK