Pejabat Bupati Lampung Barat lantik pengurus Dekranasda

id Dekranasda ,Lampung barat,Lampung

Pejabat Bupati Lampung Barat lantik pengurus Dekranasda

Pj Bupati Lampung Barat saat sambutan diacara pelantikan pengurus Dekranasda di Lampung Barat (ANTARA/HO-Kominfo Lampung Barat)

Lampung Barat (ANTARA) - Penjabat Bupati Lampung Barat Nukman, melantik pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lampung Barat, Periode Tahun 2022-2023, Jum'at (10/02/2023).


"Semoga dengan dilantiknya pengurus Dekranasda ini dapat menjalankan tugas dan fungsi sebagai pengurus dengan baik dan amanah, dalam membina pengrajin meningkatkan kreativitas dan kualitas produk, sehingga dapat bersaing dengan produk-produk lainnya," kata Nukman.

Selanjutnya ia berharap, pengurus Dekranasda yang baru, memiliki kemampuan dan kompetensi dalam membangun kreativitas dan inovasi guna mendorong industri kreatif di wilayah Kabupaten Lampung Barat.

"Juga berperan aktif dalam menggali dan mengembangkan karya cipta serta produksi buatan negeri sendiri sehingga dapat mengembangkan ekonomi kreatif, memberikan peran positif dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat," harap Nukman.

Dengan harapan Dekranasda Lampung Barat dapat membantu Kemajuan para pengrajin Industri kecil dan menengah di antaranya melalui  pengembangan sumber daya manusia (SDM) bagi pelaku usaha, karena menurutnya SDM merupakan faktor penting dalam pengembangan usaha.

"Pengembangan SDM tersebut dapat dilakukan dengan pelatihan-pelatihan, bimbingan teknis, serta pendampingan, hal ini dapat juga dilakukan dengan kemitraan dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta sebagai corporate social responsibility (CSR)," kata dia.

Sementara Ketua Dekranasda Kabupaten Lampung Barat, yang baru saja dilantik, Zelda Naturi mengatakan, dekranasda merupakan lembaga independen dan nirlaba yang hadir sebagai wadah berhimpunnya segenap pemangku kepentingan di bidang seni kerajinan di Kabupaten Lampung Barat.

"Tugas dan fungsi Dekranasda adalah menjadi mitra strategis pemerintah untuk menggali, melindungi, melestarikan dan membina serta mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa untuk kesejahteraan pengrajin di Kabupaten Lambar," Kata Zelda.

Dirinya berharap dengan resminya dilantik pengurus Dekrenasda yang baru ke depannya mempunyai kreativitas yang tinggi dalam mengembangkan pengrajin yang ada .

"Sehingga ke depannya tumbuh pengrajin dan pengusaha yang baru di Kabupaten Lampung Barat dengan tujuan dapat meningkatkan perekonomian lapisan masyarakat," harap dia.

Dia mengatakan, dengan tumbuhnya pengusaha-pengusaha baru artinya semakin banyak peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Lampung Barat.

Maka dari itu, Zelda mengharapkan kolaborasi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMD) serta pihak swasta lainnya untuk bersama-sama mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) di Lambar sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: GPS Collar untuk gajah liar di Lampung Barat akan dipasangkan
Baca juga: DPMP Pesisir Barat Lampung dorong pengembangan BUMDes
Baca juga: Lampung Barat ikut penilaian penghargaan pembangunan daerah tahun 2023