Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Ponpes Al Quran dan Sains Nurani resmikan Gerai Sehat Nurani

id dompet dhuafa

Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Ponpes Al Quran dan Sains Nurani resmikan Gerai Sehat Nurani

Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Ponpes Al-Qur’an dan Sains Nurani resmikan Gerai Sehat Nurani. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa dapat membangun kemitraan dengan Pondok Pesantren Al Quran dan Sains Nurani melalui Gerai Sehat Nurani.
Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Akses kesehatan terjangkau menjadi hal yang dibutuhkan bagi masyarakat. Dalam upaya menghadirkan akses kesehatan tersebut, Dompet Dhuafa bersama dengan Pondok Pesantren Al Quran dan Sains Nurani meresmikan Gerai Sehat Nurani.

Acara peresmian ini diperingati bersamaan dengan Hari Santri Nasional di daerah Sasak Panjang, Tajurhalang, Bogor pada Sabtu, 23 Oktober 2021.

Kegiatan yang berlangsung meriah ini dihadiri oleh Ahmad Shonhaji selaku Direktur Dakwah Budaya dan Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa dan Muhammad Ilyas Marwal sebagai Pimpinan Pondok Pesantren Al Quran dan Sains Nurani serta Andi Umi Yulaikah yang menjabat sebagai Lurah Sasak Panjang.

Ahmad Shonhaji menerangkan bahwa Dompet Dhuafa merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional  (Laznas) yang kemudian berkembang menjadi Lembaga Filantropi Islam yang dibangun berdasarkan satu misi dakwah, yakni untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan pendekatan dakwah rahmatan lil alamin kami ingin memberikan kontribusi bahwa zakat yang dikelola dengan baik, dengan pendekatan-pendekatan transparansi dan akuntabilitas yang dapat dipertanggungjawabkan akan memberikan maslahat yang banyak bagi masyarakat," katanya pula. 

"Alhamdulillah, hari ini Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa dapat membangun kemitraan dengan Pondok Pesantren Al Quran dan Sains Nurani melalui Gerai Sehat Nurani. Mudah-mudahan memberikan keberkahan untuk semuanya. Kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan pondok pesantren, juga kepada segenap dewan yang telah berkenan bekerja sama bersama kami, karena bagi kami (Dompet Dhuafa) ini merupakan perpanjangan tangan untuk menebar dan melipatgandakan pahala muzaki,” ujar Shonhaji.

Muhammad Ilyas Marwal menjelaskan Gerai Sehat ini merupakan salah satu bentuk layanan kesehatan untuk para santri dan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Alhamdulillah, kami dibantu oleh Dompet Dhuafa untuk membangun dan menciptakan masyarakat yang sehat dengan dibingkai pelayanan kesehatan masyarakat yang disebut Poskestren (Pos Sehat Pesantren) Nurani atau Gerai Sehat Nurani. Kami juga disupport oleh tim medis Dompet Dhuafa yang dimana ami memiliki visi dan misi yang sama, yaitu pengabdian untuk masyarakat. Memang inilah sebenarnya tujuan pondok, bukan hanya khidmat terhadap santri, tetapi khidmat juga dengan masyarakat,” kata Ilyas.

Selain itu, Andi Umi Yulaikha menyampaikan rasa terima kasih dengan hadirnya Gerai Sehat di wilayah Sasak Panjang.

“Alhamdulillah kegiatan launching Gerai Sehat yang didukung Dompet Dhuafa ini dapat terlaksana, mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat. Saya atas nama pribadi dan pemerintah desa mengucapkan beribu-ribu terima kasih dengan adanya Gerai Sehat di Desa Sasak Panjang, bila nanti ada kendala yang kurang berkenan dan etis, pemerintah desa siap mendukung kegiatan ini,” ujar Yulaikah.

Acara peresmian ini ditutup dengan pemotongan pita dan doa bersama, selanjutnya digelar juga acara bakti sosial kepada masyarakat berupa pengobatan gratis dan khitanan massal. Sebanyak 150 penerima manfaat mendapatkan pelayanan gratis dan 20 anak berhasil dikhitan.

Nawati (50), salah seorang penerima manfaat pengobatan gratis kali ini menuturkan perasaan bahagia dengan adanya Gerai Sehat Nurani ini.

“Seneng, alhamdulillah karena kan penyakit tuh datangnya suka tiba-tiba ya, apalagi saya mempunyai penyakit maag, kalau ada klinik deket kita jam berapa aja bebas datang. Di sini juga ada Klinik Sasak Panjang dan puskesmas tapi rada jauh jaraknya, kalau di sini lebih dekat,” kata Nawati.

TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
Baca juga: Dompet Dhuafa-Kawan Netra gelar Festival Tunanetra Mengaji
Baca juga: Dompet Dhuafa Lampung dan IKABI FMIPA Unila jalin kolaborasi kebaikan