PKK Metro lakukan home care pada ibu hamil yang isoman

id Covid19

PKK Metro lakukan home care pada ibu hamil yang isoman

Ketua PKK Kota Metro, Silfia Naharani Wahdi saat berdialog dengan ibu hamil di Kelurahan Ganjarasri yang sedang Isoman. (Antaralampung.com/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Tim Penggerak PKK bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Metro melakukan home care kepada ibu hamil di kota setempat yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) di rumah masing-masing.

Ketua PKK Kota Metro, Silfia Naharani Wahdi mengatakan, home care ini dilaksanakan untuk memastikan kondisi kesehatan ibu hamil dan memberikan edukasi agar mereka tidak hanya menjaga kesehatan sendiri tetapi juga bayinya. 

"Iya saya bersama IBI, kemudian juga Puskesmas, Kader KTN melakukan homecare kepada ibu hamil yang sedang isoman. Mereka kan terkena Covid-19, jadi takut untuk ke fasilitas kesehatan. Karena itu kami jemput bola untuk melihat kondisi mereka sekaligus memberikan dukungan," kata dia usai mengunjungi ibu hamil yang sedang isoman di Kelurahan Ganjarasri, Selasa.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga memberikan tali asih untuk meningkatkan gizi ibu hamil dan bayinya. Hal ini agar kebutuhan gizi sang bayi tetap tercukupi selama ibunya menjadi isoman. 

"Alhamdulillah tadi dari beberapa ibu hamil yang kita kunjungi sudah sehat ya. Kita berikan tali asih intinya untuk meningkatkan gizi untuk mencegah stunting," ucapnya.

Silfi menambahkan, Pemkot Metro juga mempunyai program jaringan masyarakat peduli anak dan ibu (Jampai) dimana setiap ibu hamil memiliki kontak person tenaga kesehatan minimal bidan terdekat untuk membantu memeriksa ibu hamil. 

"Jadi ketika mereka belum bisa datang ke pelayanan kesehatan mereka bisa komunikasi dengan nakes melalui program Jampai ini," tambahnya.