Yogyakarta percepat pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar

id vaksinasi pelajar yogyakarta,vaksinasi anak,vaksinasi covid

Yogyakarta percepat pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar

Arsip Foto - Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada anak dan pelajar di Kota Yogyakarta. (ANTARA/Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Yogyakarta mengintensifkan pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar tingkat sekolah menengah pertama dengan harapan bisa menuntaskan vaksinasi pelajar pada Agustus 2021.

"Tidak hanya untuk pelajar yang menjadi warga Kota Yogyakarta saja, tetapi pelajar yang bersekolah di Kota Yogyakarta juga menjadi sasaran vaksinasi," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di sela pencanangan vaksinasi untuk pelajar di SMP Negeri 8 Yogyakarta, Senin.

Menurut data pemerintah, jumlah pelajar sekolah menengah pertama (SMP) negeri maupun swasta di Kota Yogyakarta sebanyak 24.021 orang.

Pemerintah kota akan menyelenggarakan pelayanan vaksinasi bagi pelajar secara maraton di sekolah-sekolah.

Guna mencapai target pelaksanaan vaksinasi, Pemerintah Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Badan Intelijen Nasional Daerah (BINDA) dan TNI Angkatan Laut dalam menyelenggarakan pelayanan vaksinasi.

Baca juga: Dinkes Lampung: Vaksinasi pelajar dilakukan di tahapan selanjutnya

"Hari ini dilakukan di SMP Negeri 8 Yogyakarta dan akan terus berlanjut ke sekolah-sekolah lainnya. Kegiatan memang dilakukan di sekolah untuk memudahkan koordinasi," kata Haryadi.

Selain menyediakan pelayanan vaksinasi bagi siswa SMP, Pemerintah Kota Yogyakarta berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengenai pelaksanaan vaksinasi untuk siswa sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan yang berada di bawah wewenang pemerintah provinsi.

"Tujuannya adalah mencapai kekebalan komunal. Dalam kondisi seperti sekarang, maka pilihannya tidak lain adalah melakukan percepatan vaksinasi. Sudah bukan lagi waktunya bicara takut divaksin. Vaksinasi harus sudah dalam bentuk ajakan," kata Haryadi.

Siswa SMP yang sudah menjalani vaksinasi di sekolah diminta untuk menyampaikan informasi mengenai orang tua atau kerabat yang belum mendapat suntikan vaksin COVID-19.

"Untuk didata, karena sasaran vaksinasi adalah seluruh warga negara yang sudah memenuhi syarat yaitu berusia lebih dari 12 tahun," kata Wali Kota.

Pemerintah Kota Yogyakarta menargetkan pelayanan vaksinasi COVID-19 bisa menjangkau 14.000 warga dalam sepekan atau rata-rata 2.000 orang per hari.

Haryadi, yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta, mengatakan bahwa upaya untuk mencapai target tersebut bukan pekerjaan yang mudah.

"Ada keterbatasan tenaga kesehatan. Makanya, kami berharap ada banyak relawan yang bisa diterjunkan untuk membantu percepatan pelaksanaan vaksinasi," katanya.

Hingga pekan lalu, jumlah warga yang sudah mendapat suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama di Kota Yogyakarta sebanyak 192.984 orang dan warga yang sudah mendapat suntikan dosis pertama dan kedua vaksin atau sudah selesai menjalani vaksinasi sebanyak 105.830 orang.

"Pada 17 Agustus, kami berharap capaian sasaran vaksinasi di Kota Yogyakarta sudah mendekati angka (cakupan vaksinasi untuk mencapai) kekebalan kelompok," kata Wali Kota.

Baca juga: Lampung catat rekor, terjadi penambahan 677 kasus COVID-19
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar