Dinkes Metro buka layanan konsultasi psikologis untuk pasien COVID-19

id Covid19

Dinkes Metro buka layanan konsultasi psikologis untuk pasien COVID-19

Juru Bicara Dinkes Metro, dr. Redo Akbar. (Antaralampung.com/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Metro menyediakan layanan konsultasi psikologis bagi pasien positif COVID-19 di kota setempat yang menjalani isolasi di Wisma Alvaro maupun di rumah.

"Ini salah satu inovasi kita. Layanan konsultasi psikiater dan psikologis untuk pasien positif COVID-19 ini sudah mulai berjalan," kata Juru Bicara Dinkes Metro, dr. Redo Akbar, Kamis. 

Ia menjelaskan, pasien positif COVID-19 yang sedang isolasi bisa saja terganggu psikologisnya. Sebab selama masa isolasi pasien hanya berada dalam ruangan dan tidak kontak dengan siapapun.

"Pasien yang sebelumnya bisa bergerak bebas kemanapun, ketika dalam masa isolasi hanya diam dalam ruangan. Bisa saja psikologisnya terganggu, karena itu kita buka layanan ini," jelasnya. 

Pasien, kata dia, bisa menghubungi nomor telephone dokter yang sudah ditunjuk oleh Dinkes Metro jika ingin konsultasi.

"Jadi konsultasinya bisa melalui videocall. Dan kalau memang benar-benar penting, nanti dokternya bersedia untuk tatap muka dengan pasien," paparnya. 

Ia menambahkan, layanan konsultasi untuk pasien COVID-19 ini dibuka pada hari Senin sampai Kamis dan tanpa dipungut biaya. 

"Ini layanan gratis. Jadwalnya Senin dan Rabu untuk psikolog Selasa sama Kamis untuk pskiater. Mulainya dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB," tambahnya. 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar