Dorong minat baca di masa pandemi, Dispusarda Metro gelar "ngopi" daring

id Literasi

Dorong minat baca di masa pandemi, Dispusarda Metro gelar "ngopi" daring

Talkshow "Ngopi" secara daring yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaaan dan Kearsiapan Daerah Kota Metro. (Antaralampung.com/Istimewa)

Metro (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda) Kota Metro menggelar diskusi (ngopi) ngobrol seputar literasi secara daring dengan tema literasi anak di masa pandemi COVID-19. Kegiatan ini  dilaksanakan sebagai upaya promosi perpustakaan dan menumbuhkan minat baca anak dan masyarakat dalam masa pandemi COVID-19. 

"Jadi ini masih dalam peringatan hari kunjung perpustakaan dan bulan gemar membaca. Karena saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19, kita adakan diskusi ngopi ini secara virtual," kata Kepala Dispusarda Kota Metro, Syachri Ramadhan usai kegiatan, Senin. 

Dikatakannya, selama masa pandemi, kegiatan literasi di perpustakaan mati suri. Karena itu, untuk tetap menumbuhkan dan mendorong budaya literasi kepada masyarakat dan anak-anak, Dispusarda Kota Metro melakukan inovasi dengan menggelar diskusi secara virtual. 

"Karena meskipun dalam pandemi COVID-19 ini kita tetap harus menumbuhkan budaya literasi kepada anak dan masyarakat. Karena itu, kami melakukan inovasi dengan melaksanakan kegiatan ini secara daring," katanya lagi.

Syachri menjelaskan, kegiatan ini diikuti sekitar 150 orang undangan melalui aplikasi zoom meeting dan disaksikan sekitar 300 orang lebih melalui media sosial Dispusarda Kota Metro. 

"Yang mengikuti macam-macam, mulai dari guru, dosen, siswa sekolah, masyarakat, mahasiswa, birokrat, penulis dan juga komunitas. Dan untuk narasumber kita undang Bunda Literasi Kota Metro, Heriyati Achmad Pairin, Dosen Prodi PAUD IAIN Metro dan Kepsek TK Pertiwi Teladan," jelasnya. 

Ia menambahkan, diskusi Ngopi secara virtual ini juga salah upaya untuk mengenalkan kepada masyarakat sistem layanan perpustakaan dengan pola baru yang didukung dengan teknologi informasi perpustakaan.