Bupati Lampung Timur paparkan kunci keberhasilan daerahnya bebas COVID-19 ke Gugus Tugas

id Bupati Lampung Timur paparkan keberhasilan bebas COVID-19, COVID-19, gugus tugas COVID-19, Zaiful Bokhari, bnpb

Bupati Lampung Timur paparkan kunci keberhasilan daerahnya bebas COVID-19 ke Gugus Tugas

Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari paparkan keberhasilan penanggulangan COVID-19 di wilayahnya kepada Laision Officer (LO) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 BNPB), Marsma (Purn) Nazirsyah di sekretariat Gugus Tugas COVID-19  Pemkab Lampung Timur,  Kamis (11/6) foto Humas dan Protokol Pemkab Lampung Timur.

Lampung Timur (ANTARA) - Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari memaparkan keberhasilan penanggulangan COVID-19 di wilayahnya yang hasilnya sampai saat ini masih bebas corona kepada Laision Officer (LO) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Provinsi Lampung, Marsma (Purn) Nazirsyah.

Zaiful Bokhari di sekretariat Gugus Tugas COVID-19  Pemkab Lampung Timur,  Kamis (11/6) mengatakan keberhasilan itu berkat kerja kompak dan kerja keras jajarannya mulai tingkat pemerintah kabupaten sampai pemerintah desa dibantu jajaran TNI dan Polri.

"Alhamdulillah ini berkat kerja keras jajaran pemerintah kabupaten sampai tingkat desa, melibatkan seluruh jajaran TNI, Polri, sampai tingkat Bhabinkamtibmas, Babinsa, bersama kepala desa, tokoh masyarakat berupaya keras sehingga COVID-19 bisa kita tanggulangi bersama agar tidak menyebar ke masyarakat kami di Lampung Timur," paparnya. 

Zaiful mengungkapkan, penanggulangan COVID-19 di wilayahnya dilakukan dengan perencanaan matang, terarah ,terukur dan didukung anggaran. 

Zaiful menyebutkan, anggaran yang dialokasikan pemerintah daerahnya menangani COVID-19 dan dampak negatifnya sebesar Rp61 miliar.

Zaiful Bokhari menjelaskan kunci keberhasilan sesungguhnya wilayahnya bebas COVID-19 berkat peran para kepala desa  dan masyarakatnya.  

Menurut Zaiful Bokhari, masing-masing pemerintah desa melakukan upaya pencegahan dengan mendirikan posko pamantauan 24 jam di pintu masuk desa guna melakukan pendataan dan pengecekan suhu tubuh warga luar daerah yang masuk ke desa, 

Kemudian membuat rumah isolasi desa, melakukan penyemprotan disinfektan di  fasilitas umum, menyediakan tempat cuci tangan di fasilitas umum dan perkantoran. 

"Masker juga jadi menu wajib, kalau masyarakat luar mau masuk desa wajib pakai masker," ujarnya. 

Disamping, berkat masifnya sosialisasi oleh TNI dan Polri. 

"Itulah yang kami lakukan sehingga Lampung Timur sampai saat ini bebas dari COVID-19," jelasnya. 

Laision Officer (LO) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 BNPB, Marsma (Purn) Nazirsyah mengatakan atas nama Gugus Tugas pusat menyampaikan terima kasih berkat kerja keras bupati dan jajarannya sehingga Lampung Timur bebas COVID-19.

Nazirsyah mengapresiasi langkah-langkah pencegahan corona yang dilakukan, seperti membuat rumah isolasi.

Sebelumnya, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dipimpin Marsma (Purn) Nazirsyah meninjau posko penanganan COVID-19 di Kecamatan  Pekalongan dan RSUD Sukadana.

Ikut mendampingi Dandim 0429/Lampung Timur, Letkol Kav Muhammad Darwis, Kapolres Lampung Timur, AKBP Wawan Setiawan, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera dan sejumlah kepala dinas dan kepala badan pemkab setempat.