Pemprov Sulut kembangkan kawasan pariwisata Segitiga Mabili

id Mabili,segitiga mabili, wisata sulut

Pemprov Sulut kembangkan kawasan pariwisata Segitiga Mabili

"Media Gathering" yang diinisiasi Biro Protokol dan Humas Pemprov Sulut, Rabu (6/11/2019). ANTARA/Karel Alexander Polakitan

"Kita masuk dalam pengembangan pariwisata super prioritas, di Indonesia ada lima daerah, Sulut salah satu dari lima daerah yang dikembangkan," kata Daniel

Manado (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara (Sulut), Daniel Mewengkang mengatakan, pemerintah daerah mengembangkan kawasan Segitiga Manado, Bitung dan Likupang (Mabili).

"Kita masuk dalam pengembangan pariwisata super prioritas, di Indonesia ada lima daerah, Sulut salah satu dari lima daerah yang dikembangkan," kata Daniel pada "Media Gathering" yang diinisiasi Biro Protokol dan Humas Setdaprov Sulut di Manado, Rabu.
Baca juga: Tol Manado-Bitung dukung pengembangan pariwisata di Sulut

Salah satu indikator provinsi di ujung Utara Sulawesi itu masuk dalam pengembangan pariwisata super prioritas adalah dinobatkannya Sulut sebagai "The rising star" laju pertumbuhan dan tingkat kunjungan wisatawan.

Lonjakan kunjungan wisatawan, sebut dia, mencapai 500 persen bila dibandingkan periode tahun 2016 yang hanya sebanyak 40 ribu orang.

"Saat ini jumlah kunjungan wisatawan telah mencapai lebih dari 100 ribu orang," katanya.

Terus meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan setiap tahunnya, sebut dia, erat kaitannya dengan komitmen Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw memajukan sektor ini.
Baca juga: Pemprov Sulut ajak semua pihak bersinergi membangun sektor pariwisata

Komitmen pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur ini tampak pada dibukanya rute penerbangan baru Manado-Davao setelah Manado ke beberapa kota di China.

"Ini terobosan yang dilakukan gubernur dan wakil gubernur menambah jalur penerbangan," ujarnya.

Meski begitu kata dia, pengembangan sektor pariwisata ini masih dihadapkan dengan kendala sumber daya manusia.

"Karena itu dari tujuh program prioritas pembangunan di tahun 2020, pemerintah memantapkan sumber daya manusia sektor pariwisata," katanya pula.
Baca juga: Menpar inginkan pembangunan atraksi wisata di Likupang Sulut dipercepat
 

Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar