Polres Metro ringkus pelaku pencurian uang di ATM

id Lampung,Metro,Polresmetro,AKBPGandaSaragih,AKPGigihAPutranto,GanjalATM,Youtube

Kapolres Metro AKBP Ganda MH Saragih saat press realase di Mapolres Metro. (Antaralampung.com/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Polres Metro membekuk pelaku pencurian dengan modus mengganjal anjungan tunai mandiri (ATM) berinisial YN (35) warga Dusun III RT 012 RW 007 Kelurahan Kota Raman, Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur. 

"Pelaku ini dibantu oleh dua rekannya yang saat ini masih buron. Ketiganya sudah cukup lama melakukan pengganjalan ATM ini," kata Kapolres Metro AKBP Ganda MH Saragih didampingi Kasat Reskrim AKP Gigih Andri Putranto, Senin. 

Kapolres menjelaskan, dalam menjalankan aksinya, pelaku mengganjal ATM dengan tusuk gigi, kemudian kemudian pelaku menunggu korban menggunakan ATM sambil mengamati korban yang kesulitan mengambil ATM. 

"Pelaku kemudian menawarkan bantuan untuk mengambil kartu ATM dengan meminta PIN. Lalu pelaku menukar kartu ATM milik korban dengan kartu ATM yang telah disiapkan. Selanjutnya setelah mengetahui PIN dan mengambil kartu ATM korban, pelaku langsung mengambil uang di mesin ATM yang lain," jelasnya.

Menurut dia, pelaku belajar melakukan pencurian dengan modus ganjal ATM dengan melihat tayangan Youtube di Bekasi. 

"Pelaku sudah sering melakukan aksinya tersebut bahkan lintas provinsi," katanya. 

Sementara itu, YN mengaku sudah cukup lama melakukan ganjal ATM dan belajar mengganjal ATM melalui tayangan Youtube.  

"Belajar di Youtube pak. Ya caranya tusuk gigi itu diganjal di dalam ATM, kalo masyarakat biasa tidak bisa melihat benda itu. Dan semua jenis ATM memang bisa diganjal," katanya. 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar