Curah hujan sejumlah daerah tinggi pada Desember

id bmkg

Curah hujan sejumlah daerah tinggi pada Desember

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) (antaranews.com)

Jakarta (Antaranews Lampung) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan curah hujan dengan intensitas tinggi, di atas 300 mm/bulan terjadi di sejumlah daerah pada Desember 2018 atau.

Informasi dari Humas BMKG Hary T Djatmiko yang diterima di Jakarta, Rabu menyatakan, curah hujan tinggi diprediksi berpeluang terjadi di sebagian besar Sumatera sepanjang bagian barat Sumatera mulai Aceh sampai Lampung Utara.

Kondisi serupa juga diprakirakan terjadi di sekitar Sumedang, Majalengka Jawa barat, Semarang Jateng, Sidoarjo Jawa Timur dan bagian tengah Madura, pesisir barat Kalimantan Barat, sebagian kecil sebelah selatan Kalimantan dan bagian tengah Kalimantan Timur serta di Makadsar, bagian utara Sulawesi Selatan, bagian tengah Sulawesi, Kupang NTT, dan sebagian besar Papua.

Namun secara umum, curah hujan diprediksi pada kisaran 200-500 mm/bulan atau pada intensitas menengah hingga tinggi. Sementara curah hujan rendah atau di bawah 150 mm/bulan berpeluang terjadi disekitar Pulau Buton Sulawesi Tenggara.

Sedangkan pada akhir November, BMKG memprakirakan wilayah dengan curah hujan tinggi atau lebih dari 100 mm/dasarian berpeluang terjadi bagian barat Sumatera mulai sebagian besar Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat.

Bagian barat Jambi, sebagian besar Bengkulu, bagian barat umatera Selatan dan bagian utara Lampung, sekitar Bogor Jawa Barat, pesisir barat Kalimantan Barat, sebagian kecil bagian tengah Sulawesi, Flores Barat, Pulau Timor NTT, Pulau Buru Maluku, sebagian besar Papua dan bagian selatan Manokwari Papua Barat.