8,2 Juta Ha hutan terselamatkan

id menteri klh, siti nurbaya

8,2 Juta Ha hutan terselamatkan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengikuti rapat kerja dengan Komisi IV DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/10/2018). Rapat tersebut membahas sejumlah isu aktual seperti pengendalian kebakaran hutan dan konfil gajah dengan masyarakat. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama)

untuk pengamanan kawasan hutan dan sumber daya kehutanan lebih dari 713 operasi dilakukan dengan melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kepolisian dan TNI
Jakarta (Antaranews Lampung) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyebutkan dalam empat tahun terakhir sedikitnya 8,29 juta hektare kawasan hutan terselamatkan dalam berbagai operasi penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan.

Siti dalam Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta, Kamis, mengatakan untuk pengamanan kawasan hutan dan sumber daya kehutanan lebih dari 713 operasi dilakukan dengan melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kepolisian dan TNI.

Dalam kurun waktu empat tahun sebanyak 550 kasus dibawa ke pengadilan. Tercatat 523 perusahaan mendapat sanksi administratif bahkan empat diantaranya ada yang dicabut izinnya, sementara 21 perusahaan dibekukan izinnya.

Dari kegiatan pencegahan dan pengamanan hutan ada 210 kali operasi peradaran tumbuhan dan satwa langka, 265 kali operasi perambahan kawasan hutan dan 241 kali operasi pembalakan liar atau hasil hutan.