Kabupaten Waykanan Akan Bentuk Bank Sampah

id bank sampah waykanan, kepala klh waykanan, waykanan bentuk bank sampah

Kabupaten Waykanan Akan Bentuk Bank Sampah

Sampah-sampah di Kabupaten Waykanan didaur ulang untuk dijadikan pupuk kompos. (Foto Antaralampung.com/Emir FS)

...Ini samgat positif, selain dapat mengurangi sampah di lingkungan Pemkab Waykanan, ini juga bisa memberikan pemasukan bagi pemda," ujarnya...
Waykanan, Lampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Waykanan, Lampung, akan membentuk bank sampah untuk dijadikan pupuk kompos sekaligus mengatasi masalah sampah di daerah itu.

"Kita ingin menciptakan Kabupaten Waykanan yang bersih, sehat dan nyaman. Sampah juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk kompos," kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Waykanan, Reinaldi di Blambanganumpu, ibu kota Waykanan, Kamis.

Menurut dia, bank sampah itu akan segera diluncurkan dalam waktu bersama Bupati dan Wakil Bupati Waykanan.

Dengan adanya bank sampah itu, sampah yang diberikan masyarakat akan dibayar atau dibeli oleh petugas, sementara untuk menarik minat anak-anak, KLH  Waykanan akan memberikan hadiah kepada setiap anak yang menyerahkan sampah kepada tim bank sampah.

Reinaldi menjelaskan, sampah-sampah yan diserahkan nantinya akan diberli atau ditukar dengan buku bagi anak-anak agar biaa mendorong rasa peduli dan percaya diri.

"Ini semua kami lakukan agar Kabupaten Waykanan dapat lebih baik, baik dari sisi pemerintahan hingga masyarakat dan pemukimannya," kata dia.

Sementara itu, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya menyatakan mendukung program penerapan bank sampah di daerahnya serta pengelolaan sampah untuk dijadikan pupuk kompos.

"Ini samgat positif, selain dapat mengurangi sampah di lingkungan Pemkab Waykanan, ini juga bisa memberikan pemasukan bagi pemda," ujarnya.

Namun Adipati mengharapkan, agar kegiatan ini dapat di kembangkan lagi di tingkat kecamatan agar masing-masing kecamatan dapat memanfaatkan keberadan pengelolaan sampah dan bank sampah.(Ant)