Armada Pustaka Lampung Bagikan Mushaf Alquran

id Rumah Baca Akar Pelangi Lampung, Rumah Baca Akar Pelangi, Literasi Lampung, Sugeng Hariyono

Armada Pustaka Lampung Bagikan Mushaf Alquran

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim menghadiri Safari Ramadan Literasi Armada Pustaka Lampung, di Masjid Al Huda, Desa Labuhan Ratu 9, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Minggu (11/6). ( Foto: ANTARA Lampung/Muklasin)

Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Armada Pustaka Lampung membagikan 40 mushaf Alquran dan 40 mushaf Juz amma kepada empat taman pendidikan Alquran (TPA) di Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur.

Pembagian mushaf Alquran dan Juz amma ini rangkaian kegiatan Safari Ramadan Literasi Armada Pustaka Lampung, di Lampung Timur, Minggu (11/6).

"Mushaf Quran ini donasi dari PT Sinar Mas untuk Motor Pustaka, dan kami sumbangkan lagi ke Taman Pendidikan Alquran di Kecamatan Labuhan Ratu. Kegiatan ini sekaligus menyongsong malam Nuzulul Quran pada bulan Ramadan ini," kata Sugeng Hariyono, pegiat literasi Motor Pustaka Lampung.

Safari Ramadan Literasi Armada Pustaka Lampung di Kabupaten Lampung Timur digelar di Masjid Nurul Huda, Desa Labuhan Ratu 9, Kecamatan Labuhan Ratu, diikuti sejumlah Armada Pustaka Lampung di antaranya Cendol Pustaka, Obrok Pustaka, Rumah Baca Akar Pelangi dan Motor Pustaka, serta Ikatan Jabung Sai (IJS).

"Selain menyerahkan mushaf Alquran, Armada Pustaka Lampung juga membagikan perangkat salat seperti mukena dan sarung yang berasal dari House Library asuhan Nury Sibly, mantan jurnalis Reuters," kata Sugeng lagi.

Safari Ramadan Literasi Armada Pustaka Lampung itu dihadiri Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim.

Bupati menyambut baik Safari Ramadan Literasi Armada Pustaka Lampung. "Saya mengapresiasi sebesar-besarnya kegiatan ini, terima kasih. Beginilah kalau ingin membangun Lampung Timur, tidak usah menunggu kalau Lampung Timur ingin cepat maju, ayo bergerak bersama jangan menunggu dari pemerintah," kata Bupati Lampung Timur itu pula.

Chusnunia mengatakan pemkab mendukung penuh kegiatan menumbuhkembangkan minat baca masyarakat di daerahnya. Karena itu, katanya lagi Pemkab Lampung Timur tengah mengkaji agar anggaran Dana Gerbang Indah yang diperuntukan ke-264 desa di daerahnya bisa dimanfaatkan membangun perpustakaan desa.

"Sedang kami upayakan, ada dana 50 juta rupiah setiap desa dari dana Gerbang Indah ini. Sedang dikaji agar sedikitnya Rp5 juta dari Rp50 juta itu bisa buat perpustakaan desa untuk menumbuhkan minat baca masyarakat," ujar Chusnunia.

Menurutnya untuk membangun Lampung Timur tidak semata membangun fisik, namun membangun pula pengetahuan masyarakat melalui membaca buku.

"Membangun tidak hanya fisik saja, misalnya jalan atau jembatannya tapi juga soal nonfisik seperti pengetahuannya," kata dia lagi.

Rangkaian Safari Ramadan Literasi Armada Pustaka Lampung di Lampung Timur diisi dengan khataman Quran oleh 170 siswa dari empat taman pendidikan Alquran dan membuka lapak baca buku di depan Masjid Al Huda.

Wujud bentuk dukungan untuk menumbuhkembangkan minat baca di daerahnya, Bupati Lampung Timur memberikan bantuan biaya untuk pemasangan instalasi listrik di Rumah Baca Akar Pelangi.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar