Panwaslu telusuri dugaan kampanye terselubung di sosialisasi "Empat Pilar Kebangsaan"

id empat pilar kebangsaan, dugaan kampanye terselubung

...Jika masuk pidana pemilu maka kepolisian akan menyidik...
Kalianda, Lampung (ANTARA Lampung) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Lampung Selatan memanggil calon bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan terkait adanya laporan dugaan kampanye terselubung yang dilakukan oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan saat sosialisasi "Empat Pilar Kebangsaan".

"Pemanggilan akan dijadwalkan hari ini Kamis (22/10 ) sekitar pukul 14.00 WIB di Sekretariat Panwas," kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Lampung Selatan, Sahbudin, di Kalianda, Kamis.

Ketua MPR Zulkifli Hasan yang merupakan kakak kandung Zainuddin Hasan diduga melakukan kampanye terselubung yang dikemas dalam sosialisasi "Empat Pilar Kebangsaan" yang juga dihadiri oleh Zainudin Hasan di Kecamatan Jatiagung kabupaten setempat beberapa hari lalu.

Sahbudin mengatakan, temuan dugaan kampanye di acara sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan itu menjadi atensi khusus Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung untuk memanggil liasion officer (LO), tim sukses, dan panitia penyelenggara dan calon bupati Zainudin Hasan.

Ia mengaku, pihaknya akan memproses temuan ini dengan tanggung jawab dan setelah semua pihak dimintai klarifikasi lalu akan menyimpulkan temuan ini bersama Gakkumdu yakni kejaksaan dan kepolisian dalam lima hari.

"Jika masuk pidana pemilu maka kepolisian akan menyidik, memproses dan dilimpahkan kepada pengacara kejaksaan sebagai pengacara negara," ujar dia.

Pemanggilan ini berdasarkan laporan karena sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan merupakan kegiatan resmi dinas namun dihadiri oleh Zainudin Hasan.

Bahkan, dalam kegiatan kenegaraan itu, banyak bertebaran atribut bernuansa calon, air mineral berlogo gambar calon, hingga kendaraan bernuansa gambar calon.

"Ada rombongan qosidah yang menyanyikan lagu bertemakan Zainudin Bupati Lamsel, bahkan ustadz yang hadir memberikan ceramah bahwa Zainudin sosok pemimpin yang menjadi bupati dengan dukungan warga setempat,” kata Hendar Cahyadi, warga setempat yang menghadiri acara itu.

Ketua MPR Zulkifli Hasan tiba di lokasi acara bersama sejumlah petinggi Partai Amanat Nasional seperti Wakil Sekjen DPP PAN Edi Agus Yanto, Ketua DPW PAN Lampung Saad Sobari.

"Ketua panitia penyelenggara, Frans Nurseto bahkan dalam sambutannya ada ajakan kepada masyarakat untuk memilih pasangan calon nomor urut 3,” kata Hendar? lagi.

Sebelumnya, anggota Panwaslu Esti Nur Fatonah mengaku ikut mengawasi langsung dalam kegiatan kenegaraan yang digelar di Masjid Nurul Ulum, Jalan Umbul Niti, Jatimulyo Kecamatan Jatiagung, Lampung Selatan pada Sabtu (17/10) itu.

"Saya datang agak terlambat, jadi saya tidak mengikuti acara secara menyeluruh," kata Esti.(Ant)