Damkarmat Lamsel menyalurkan 5.000 liter air bersih ke warga di Katibung

id Lampung Selatan ,Bantuan air bersih ,Damkarmat Lamsel

Damkarmat Lamsel menyalurkan 5.000 liter air bersih ke warga di Katibung

Antusias warga Desa Babatan saat menerima bantuan air bersih dari Damkarmat Lampung Selatan. (ANTARA/HO/Damkarmat Lamsel)

Lampung Selatan (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) mendistribusikan bantuan sosial berupa 5.000 liter air bersih kepada masyarakat yang terdampak kemarau di Desa Babatan, Kecamatan Katibung, pada Sabtu.

"Hari ini kami dari Damkarmat Lamsel telah mendistribusikan bantuan air bersih sebanyak lima ribu liter air bersih kepada warga terdampak kekeringan di Dusun Manunggal RT 001, Desa Babatan, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan," kata Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, di Kalianda, Sabtu.

Ia mengatakan Damkarmat merespons cepat keluhan warga terkait kebutuhan air bersih, kemudian pihaknya langsung menerjunkan mobil pemadam kebakaran untuk mendistribusikan air.

"Air bersih yang kali ini kami salurkan sebanyak 5.000 liter, dan hingga saat ini petugas masih melakukan penyaluran air ke desa-desa yang mengalami kekeringan," katanya.

Ia mengatakan pasokan air bersih akan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk membantu warga yang terdampak kemarau.

"Iya betul, bantuan air bersih ini sebagai bentuk kepedulian dan respons cepat Pemkab Lampung Selatan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujar dia.

Dirinya juga mengatakan salah satu penyebab utama kekeringan di wilayah ini musim kemarau yang berlangsung lama.

"Pasokan air bersih ini adalah bantuan dari pemerintah daerah Lampung Selatan dan akan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk membantu warga yang terdampak kemarau," ujarnya.

Menurutnya, apabila ada keluhan masyarakat terkait air bersih, pihaknya siap langsung mengirimkan bantuan tersebut untuk warga.