PB PON-KONI seleksi wartawan peliput PON

id pon, pekan olahraga nasional, pon aceh-sumut, peliput pon, pb pon

PB PON-KONI seleksi wartawan peliput PON

Tangkapan layar - Rapat melalui zoom meeting, antara Humas KONI Pusat, Humas KONI Aceh-Sumut dan Humas KONI provinsi serta Humas PB/PP Cabang Olahraga dipantau di Bandarlampung, Kamis (4/7/2024). ANTARA/HO

Syarat wartawan nanti akan dikeluarkan oleh KONI Pusat dan PB PON.
Bandarlampung (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menyeleksi wartawan daerah yang akan meliput kegiatan PON XXI 2024 Aceh-Sumut, sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

Rapat virtual melalui zoom meeting, dipantau di Bandarlampung, Kamis, antara Humas KONI Pusat, Humas KONI Aceh-Sumut dan Humas KONI provinsi serta Humas PB/PP cabang olahraga, menghasilkan beberapa poin penting, menyangkut kehumasan baik SDM maupun sarana dan prasarana.

Raja Pane, selaku pimpinan rapat yang didampingi Ketua Bidang Media dan Humas KONI Pusat Effendi Soen menjelaskan, poin-poin penting hasil rapat zoom tersebut, di antaranya wartawan peliput akan melalui seleksi sebelum dinyatakan berhak meliput di PON nanti.

Seleksi sendiri akan dilakukan setelah mereka mendaftar ke PB PON, melalui KONI masing-masing yang diharapkan bekerja sama dengan SIWO PWI setempat.

"Syarat wartawan nanti akan dikeluarkan oleh KONI Pusat dan PB PON. Apa saja yang harus dipenuhi oleh seorang wartawan peliput. Yang jelas ada usulan dari peserta rapat, wartawan tersebut adalah pemegang kartu UKW (Uji Kompetensi Wartawan), atau wartawan yang sudah lulus UKW," kata Raja Pane, yang juga mantan Ketua SIWO PWI Pusat itu pula.
Baca juga: Amalsyah: Lampung siap fokus menuju PON XXI di Aceh-Sumut

Dia berharap, KONI provinsi bisa bekerja sama dengan SIWO PWI, dalam menyeleksi wartawan yang akan mereka daftarkan ke PB PON sebagai salah satu tim peliput dari masing-masing daerah.

Hal tersebut, katanya lagi, sudah pernah mereka lakukan, pada PON-PON sebelumnya, mengingat SIWO PWI yang tahu siapa wartawan olahraga di daerah masing-masing.

KONI Pusat dan PB PON akan segera membuka pendaftaran entry by name wartawan, tentunya dengan persyaratan sesuai hasil keputusan KONI melalui rapat tersendiri nantinya.

Humas KONI Aceh Saifullah Abdulgani menyatakan pihaknya sudah merekrut wartawan-wartawan lokal yang membantu kelancaran pemberitaan dan lain-lainnya, terkait pelaksanaan PON di Aceh, mengingat sudah jalan dalam promosi dan pemasaran PON 2024.

Dia juga menjelaskan sarana dan prasarana sudah dirancang dengan baik, dengan demikian humas se-Indonesia supaya menyajikan pemberitaan agar lebih dinikmati oleh masyarakat luas.

Linda S Wahyuni rekanan Humas KONi Pusat menambahkan bahwa Sumut juga sudah menyiapkan media center di seluruh daerah penyelenggara pertandingan, dengan pusat media center di Hotel Sartika.
Baca juga: Atlet panjat tebing Lampung uji tanding ke Yogyakarta
Baca juga: KONI Pusat berharap KONI provinsi persiapkan para atlet lebih matang