Swiss raih poin penuh setelah kalahkan Hungaria 3-1

id Piala Eropa 2024, Euro 2024, Timnas Swiss, Timnas Hungaria, Grup A, UEFA

Swiss raih poin penuh setelah kalahkan Hungaria 3-1

Selebrasi Breel Embolo setelah mencetak gol untuk Timnas Swiss dalam pertandingan Grup A melawan Hungaria di Stadion RheinEnergie, Koln pada Sabtu (15/6/2024). ANTARA/Dok-UEFA

Jakarta (ANTARA) - Timnas Swiss berhasil meraih poin penuh setelah mengalahkan Hungaria 3-1 dalam matchday ke-1 Grup A di Stadion RheinEnergie, Koln pada Sabtu malam WIB.
 
Kwadwo Duah dan Michel Aebischer berhasil membuat Swiss unggul dua gol di babak pertama.
 
Barnabas Varga sempat memperkecil ketertinggalan untuk Hungaria sebelum Swiss memastikan kemenangan mereka lewat gol Breel Embolo.
 
Hasil ini membuat Swiss menempati peringkat dua di klasemen sementara Grup A dengan tiga poin. Mereka kalah selisih gol dari Jerman, yang menang 5-1 lawan Skotlandia di laga pembukaan Euro 2024 pada Sabtu dini hari tadi, demikian yang dikutip dari laman resmi UEFA.
 
Jalannya pertandingan, Hungaria dan Swiss menunjukkan permainan intensitas tinggi sejak pertandingan dimulai. Duel lini tengah terjadi di laga ini antara pemain Bayer Leverkusen Granit Xhaka (Swiss) dan gelandang Liverpool Dominik Szoboszlai (Hungaria).
 
Namun, Swiss berhasil membuka keunggulan pada menit ke-13 melalui gol Duah setelah memaksimalkan umpan dari Aebischer. Gol tersebut sekaligus menjadi yang pertama bagi Duah untuk negaranya.
 
The Magyars mulai keluar menekan dan melancarkan sejumlah serangan semenjak tertinggal dari tim lawan.
 
Memasuki akhir babak pertama, Swiss mulai mengurung pertahanan tim lawan dan berhasil menambah keunggulan pada menit ke-45.
 
Gol kedua Swiss terjadi itu lewat sepakan terukur Aebischer di luar kotak penalti. Babak pertama berakhir 2-0 untuk keunggulan Granit Xhaka dkk.
 
Pada babak kedua, Duah nyaris mencetak gol keduanya di laga ini sebelum Gulacsi menggagalkan tembakan kaki kirinya pada menit ke-48.
 
Hungaria baru bisa memperkecil jarak pada menit ke-66 lewat sundulan Barnabas Varga ke sudut kanan gawang setelah menyambut umpan silang Szoboszlai. Bola tersebut gagal dihalau kiper Yann Sommer. Skor menjadi 1-2.
 
Gol itu menaikkan semangat Hungaria untuk menyamakan kedudukan. Namun, tim asuhan Marco Rossi gagal mencetak gol kedua dan justru kebobolan gol ketiga pada injury time babak kedua.
 
Pada menit ke 90+3, sundulan Orban yang bermaksud membuang bola justru mengarah kepada Breel Embolo yang berdiri bebas di depan gawang. Sepakan chip penyerang 27 tahun itu berhasil melewati Gulacsi. Skor 3-1 bertahan hingga usai.
 
Susunan pemain:
 
Hungaria (3-4-2-1): Peter Gulacsi, Adam Lang (Bendeguz Bolla 46'), Willi Orban, Attila Szalai (Marton Dardai 79'), Attila Fiola, Adam Nagy (Laszli Kleinheisler 67'), Andras Schafer, Milos Kerkez (Martin Adam 79'), Roland Sallai, Dominik Szoboszlai, Barnabas Varga.
 
Swiss (3-4-2-1): Yann Sommer, Ricardo Rodriguez, Manuel Akanji, Fabian Schär, Dan Ndoye (Fabian Rieder 86'), Granit Xhaka, Remo Freuler (Vincent Sierro 86'), Silvan Widmer (Leonidas Stergiou 68'), Ruben Vargas (Breel Embolo 74'), Michel Aebischer, Kwadwo Duah (Zeki Amdouni 68').
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Timnas Swiss raih poin penuh setelah kalahkan Hungaria 3-1