BRI Regional Lampung bangun 291 desa BRILian

id Lampung, BRI, BRILIAN, Desa brilian, desa wisata

BRI Regional Lampung bangun 291 desa BRILian

Keindahan Desa Wisata Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) Regional Wilayah Lampung tercatat telah membangun 291 desa BRILian yang tersebar di Provinsi Lampung. 

"Terdapat 291 desa BRILian yang tersebar di wilayah Provinsi Lampung. Dari 291 tersebut ada 4 desa yang sudah menerima penghargaan,” kata Regional CEO BRI Bandarlampung Bernadi Kurniawan, dalam keterangannya, di Bandarlampung, Selasa (19/3).

Ia mengatakan bahwa Desa BRIlian itu konsepnya membentuk suatu ekosistem usaha di mana di situ peran BRI sangat dominan yang tujuannya untuk mengangkat produk unggulan di daerah itu.

Selain itu tambahnya di dalam program Desa BRIian itu juga akan diajari tentang literasi keuangan, mengaktifkan BUMDes/BUMNag sebagai penggerak ekonomi, mendorong peningkatan PAD, dan produk unggulan.

"Alasannya pengelolaan desa sudah sesuai yang menjadi tujuan desa BRILian, memiliki inovasi, BUMDes memiliki usaha yang mandiri, produk unggulan Kawasan desa  seperti pariwisata dan produk UMKM dan lainnya," kata Bernadi. 

Selanjutnya, desa BRILian juga butuh dukungan dari kepala desa dan perangkat desa. Karena untuk memajukan suatu wilayah harus ada dukungan dari semua pihak salah satunya dari kepala desa. 

Bernadi menjelaskan, untuk menjadi salah satu desa BRILian yaitu harus memiliki BUMDes yang aktif, mempunyai inovasi yang bermanfaat untuk warga desa, dan memiliki produk unggulan Desa. 

Lanjutnya, ia menuturkan, bahwa tim BRI akan melakukan validasi kepesertaan desa BRILian tersebut. 

"Bila semua sudah dipenuhi semua syaratnya, nanti ada tim yang akan turun untuk mengecek dari semua sisi dan semua faktor penilaian. Karena penilaian ini bersifat penting, maka dari itu ada tim yang turun untuk melihat keunggulan yang ada di desa tersebut," ungkapnya. 

Kemudian lanjutnya, di setiap desa mempunyai Mantri yang berbeda dan produk yang diunggulkan tersebut nanti di ambil melalui mantri. Mantri adalah singkatan dari marketing dan analisis mikro, para pekerja BRI yang bertugas mengurusi bagian kredit dan juga simpanan.

Ia berharap, semakin banyak desa yang ikut dalam program desa BRILian, agar bisa tercipta desa yang mandiri dan maju.