PPLN sebut pemilu serentak di Chicago berjalan tertib, aman, damai

id PPLN, Pemilu, Chicago, Aman, Tertib

PPLN sebut pemilu serentak di Chicago berjalan tertib, aman, damai

Petugas KPPSLN memasukkan surat suara yang diterima melalui pos ke dalam kotak suara pos. Hingga 7 Februari 2024, 258 surat suara sudah diterima kembali oleh PPLN Washington DC. (ANTARA/HO-PPLN Washington DC)

Jakarta (ANTARA) - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di wilayah kerja Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago menyatakan bahwa pelaksanaan pemilu serentak untuk wilayah Midwest, Amerika Serikat (AS), berjalan dengan tertib, aman dan damai.

Pemungutan suara Pemilu Luar Negeri serentak DPR – Dapil DKI Jakarta II (Jakpus, Jaksel, dan Luar Negeri) serta Presiden dan Wapres RI) untuk wilayah Midwest, AS, (berjalan) tertib, aman, damai," kata Ketua PPLN Chicago Martino Wim Tangkar melalui rilis pers yang diperoleh ANTARA, Jakarta, Selasa.

Martino menyebutkan bahwa pemungutan suara yang diadakan pada Sabtu, 10 Februari 2024, di TPSLN KJRI Chicago itu diawali dengan pemeriksaan persiapan akhir pemungutan suara dilanjutkan dengan rapat pemungutan suara.

Setiap calon pemilih yang tiba di TPS akan diarahkan untuk melakukan registrasi dan menerima suvenir yang telah disiapkan oleh PPLN dan Panwaslu Chicago, untuk kemudian menunggu namanya dipanggil dan masuk ke dalam bilik suara.

Setelah selesai mencoblos dan memasukkan surat suara ke dalam kotak suara, para pemilih diarahkan untuk mencelupkan jari pada tinta pemilu dan ke pintu keluar.

Adapun jumlah pemilih yang hadir memberikan suara adalah sebanyak 535 orang, yang terdiri dari 217 DPT, 141 DPTb, dan 177 DPK.

PPLN menyebutkan bahwa Panwaslu Chicago tidak menerima pengaduan atau laporan dari masyarakat terkait kemungkinan adanya kejadian kasus selama proses pemungutan suara.

Di sela-sela kegiatan, Konjen RI Chicago didampingi Ketua PPLN Chicago dan Staf KJRI Chicago menerima kunjungan dari mitra kerja asing dalam rangka saling berbagi informasi dan pengalaman best practices proses demokrasi Indonesia.

Kesempatan itu juga dijadikan sarana untuk menunjukkan Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga dan negara dengan mekanisme pemilihan umum langsung terbesar di dunia.

Adapun penghitungan suara untuk TPS akan dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024, dan untuk Pos serta rekapitulasi akan dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Februari 2024 di KJRI Chicago.