BMKG: Lampung dan sejumlah wilayah berpotensi diguyur hujan lebat dan angin kencang

id hujan lebat,angin kencang, BMKG, hujandisertai petir

BMKG: Lampung dan sejumlah wilayah berpotensi diguyur hujan lebat dan angin kencang

Kendaraan roda empat melintasi hujan lebat di ruas Jalan Manekroo, Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Jumat (30/6/2023) petang. ANTARA/Teuku Dedi Iskandar/aa.

Kami juga meminta pemda merapikan pohon-pohon di daerah lintasan aktivitas manusia agar tidak terjadi pohon tumbang, ujarnya
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir pada Jumat (17/11), menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Situs BMKG di Jakarta, Jumat, menyebutkan potensi hujan lebat terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, dan Lampung.

Kemudian, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Papua.

Sementara itu, wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang adalah Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Selatan.

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II, Hartanto meminta masyarakat agar bersiap menghadapi potensi dampak yang dihasilkan menjelang musim hujan.

Oleh karena itu, masyarakat serta pemangku kepentingan diminta mengantisipasi sejumlah potensi dampak musim hujan.

"Kami melihat bahwa potensi hujan deras di beberapa tempat sudah terjadi. Kami juga meminta pemda merapikan pohon-pohon di daerah lintasan aktivitas manusia agar tidak terjadi pohon tumbang," ujarnya.