Percepatan penyaluran bansos di Lampung jaga kebutuhan masyarakat

id Percepatan penyaluran bansos, bansos Lampung, antisipasi dampak El Nino, jaga konsumsi masyarakat

Percepatan penyaluran bansos di Lampung jaga kebutuhan masyarakat

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Lampung Aswarodi memberikan keterangan terkait progres penyaluran bantuan sosial di Provinsi Lampung. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Lampung mengatakan bahwa melalui percepatan penyaluran bantuan sosial (bansos) terutama di tengah terjadinya fenomena iklim El Nino dapat menjaga kebutuhan pokok masyarakat di daerahnya.

"Tugas utama kami saat ini adalah melakukan pengawasan dan evaluasi untuk memastikan program pemberian bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu dapat tersalur tepat waktu," ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Lampung Aswarodi di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan dengan berlangsungnya fenomena iklim El Nino yang mengakibatkan musim kering dalam beberapa waktu ini, maka pemerintah daerah tengah mendorong pihak terkait yang mendapatkan tugas dalam penyaluran bantuan sosial untuk segera melakukan percepatan penyaluran.

Saat ini tingkat inflasi di tengah El Nino harus tetap dijaga, sehingga konsumsi masyarakat pun perlu dijaga.

"Salah satunya dengan mendorong agar lembaga-lembaga yang ditugaskan oleh pemerintah untuk menyalurkan bansos agar bisa segera mendistribusikan serta dilakukan percepatan, seperti Bulog yang kami minta secepatnya untuk menyalurkan bantuan beras per 10 kilogram ke berbagai daerah pada beberapa waktu lalu," ucapnya.

Dia melanjutkan untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial pihaknya juga telah melaksanakan rapat bersama pihak terkait.

"Kami sudah rapat agar percepatan penyaluran bansos segera terlaksana, kalau bisa dilakukan jemput bola ke keluarga penerima manfaat (KPM). Harapannya dengan adanya percepatan ini bisa menekan harga-harga yang merangkak naik, sehingga KPM bisa terbantu dan konsumsi terjaga," ucapnya.

Menurut dia, ada sejumlah mekanisme untuk mempermudah penyaluran bantuan sosial seperti dapat melakukan pengambilan melalui loket, secara door to door, dan dapat diambil di tempat yang telah disepakati seperti di balai desa ataupun di kelurahan.*