Pemprov Lampung segera gelar shalat minta hujan

id Doa minta hujan, Pemprov Lampung, kekeringan lampung

Pemprov Lampung segera gelar shalat minta hujan

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Lampung Ria Andari saat memberikan keterangan. Bandarlampung, Senin (18/9/2023). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Kanwil Kemenag sudah mengimbau mengadakan shalat meminta hujan, kami akan berkoordinasi lebih lanjut untuk segera melaksanakan kegiatan ini, tambahnya
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung segera menggelar shalat istisqa atau shalat meminta hujan seiring dengan hadirnya musim kemarau di daerahnya.
 
"Kami segera merealisasikan kegiatan doa bersama meminta hujan ini dalam waktu dekat," ujar Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Lampung Ria Andari di Bandarlampung, Senin.
 
Ia berharap dengan shalat istisqa dan berdzikir, mudah-mudahan kekeringan segera mereda dan fenomena iklim El Nino segera berakhir agar hujan bisa kembali normal. 
 
Dia menjelaskan imbauan untuk melakukan doa bersama meminta hujan tersebut pun telah diimbau oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung.
 
"Kanwil Kemenag sudah mengimbau mengadakan shalat meminta hujan, kami akan berkoordinasi lebih lanjut untuk segera melaksanakan kegiatan ini. Mudah-mudahan dengan kita terus berdoa kepada Yang Maha Kuasa hujan dapat segera turun dan cuaca kembali membaik," tambahnya.
 
Diketahui Kementerian Agama pun telah mengajak umat Islam untuk menggelar shalat istisqa karena fenomena kemarau panjang yang terjadi di Indonesia.
 
Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan baru terjadi sekitar bulan November mendatang usai musim kemarau kering berkurang intensitasnya pada Oktober.
 
Puncak musim kemarau kering diprediksi akan terjadi pada pertengahan Agustus hingga September dengan intensitas panas yang semakin meningkat, dan pada Oktober mulai mengalami pengurangan di tengah fenomena cuaca El Nino yang masih terjadi.

Bahkan, semakin memuncak pada Oktober-November. Di sisi lain, Indonesia diuntungkan dengan datangnya musim hujan mulai November.