Di wilayah Kabupaten Pesisir Barat terdapat 71 desa tanpa sinyal

id Pesisir barat ,Masih ada desa blenk spot,Pemkab Pesibar

Di wilayah Kabupaten Pesisir Barat terdapat  71 desa tanpa sinyal

Suasana di lokasi tower BTS yang berada di Desa Way Haru (ANTARA/Riadi Gunawan)

Pesisir Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat, Lampung, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotik) menyatakan di daerahnya masih ada 71 desa yang mengalami tak ada sinyal atau blank spot.

"Data desa dan titik koordinat dengan signal internet lemah di Kabupaten Pesisir Barat terdapat di 71 desa," kata Kepala Diskominfotik Pesisir Barat, Suryadi, di Krui, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya telah mencatat dari sekian banyak desa yang terdapat sudah sinyal, seluruhnya berada di 10 kecamatan yaitu Kecamatan Ngambur, Bengkunat, Pesisir Tengah, Ngaras, Pesisir Selatan, Kru Selatan, Way Krui, Pulau Pisang, Pesisir Utara, dan Kecamatan Lemong. 

Oleh karena itu Suryadi mengatakan pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan jaringan komunikasi yang ada di wilayah setempat.

Ia menjelaskan Pemkab Pesisir Barat sudah melakukan langkah-langkah untuk mengatasi blank spot  agar masyarakat bisa menikmati jaringan internet dengan lancar.

"Sudah mengusulkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Kemudian ke provider seperti Telkomsel dan  Indosat juga," katanya.
 
Dia berharap agar seluruh masyarakat di wilayah itu bisa menikmati jaringan internet serta tidak ada lagi daerah yang mengalami ketiadaan sinyal atau susah sinyal telekomunikasi.

Karena, kata dia, pada era digital saat ini masyarakat sebagian besar telah menggunakan jaringan internet untuk melakukan aktivitas sehari-hari, terutama dalam kegiatan perekonomian.