TNI-Polri patroli untuk pastikan dugaan massa luar daerah masuk ke Pesisir Barat

id Pesisir barat ,TNI polri ,Pastikan masa tak masuk ke pesisir barat,bentrok pesisir barat

TNI-Polri patroli untuk pastikan dugaan massa luar daerah masuk ke Pesisir Barat

Suasana saat tim gabungan TNI dan Polri melakukan penjagaan dan pengamanan di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. ANTARA/HO-Humas Polres Pesisir Barat

Kegiatan ini menyikapi isu-isu terkait rencana mobilisasi massa dari luar daerah hendak masuk ke Pesisir Barat.
Pesisir Barat (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Pesisir Barat, Polda Lampung bersama personel TNI melaksanakan patroli gabungan, guna memastikan situasi aman dan kondusif usai bentrok antarwarga dengan pihak perusahaan sawit PT Karya Canggih Mandiri Utama (KCMU), di Pekon (Desa) Marang, Kecamatan Pesisir Selatan.

"Kegiatan ini menyikapi isu-isu terkait rencana mobilisasi massa dari luar daerah yang hendak masuk ke wilayah Pesisir Barat," kata Wakapolres Pesisir Barat Kompol Rafli Yusuf Nugraha, di Krui, Minggu.

Ia mengatakan, pihaknya bersama TNI berkomitmen tidak akan memberikan toleransi bagi kelompok-kelompok yang berusaha merencanakan dan memprovokasi dalam bentuk apa pun untuk membuat situasi kamtibmas di wilayah hukum Pesisir Barat menjadi kacau.

"Kalau melakukan perbuatan melawan hukum pasti akan kami tindak dengan tegas sesuai dengan undang-undang yang mengatur," kata dia.

Patroli bersama dengan personel TNI ini dilaksanakan bentuk sinergi yang baik dan satu misi untuk menjaga kamtibmas wilayah Pesisir Barat kondusif.

"Kegiatan patroli bersama ini akan kami jadikan kegiatan rutin yang ditingkatkan serta kami atur waktu dan tempat tempat yang menurut kami butuh kehadiran Polri maupun TNI," katanya pula.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk menyerahkan sepenuh perkara ini kepada pihak kepolisian dan tidak melakukan tindakan-tindakan kontraproduktif atau main hakim sendiri, sehingga mengganggu stabilitas kamtibmas di Kabupaten Pesisir Barat

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang berkembang, silakan laksanakan aktivitas seperti biasa, percayakan sepenuhnya kepada kami terkait penegakan hukum dan menjaga kamtibmas," ujarnya.

Kegiatan ini, kata dia lagi, bertujuan untuk memastikan situasi kamtibmas Pesisir Barat kondusif usai bentrok warga di lahan sawit Atar Kelawi Kupang Ulu, Pekon Marang.

Sebelumnya, telah terjadi bentrok antarwarga dengan pihak PT KCMU di Kabupaten Pesisir Barat, yang mengakibatkan 6 korban harus dilarikan ke rumah sakit.
Baca juga: Empat orang luka berat akibat bentrokan di Pesisir Barat Lampung
Baca juga: Polisi tangkap pelaku utama kasus bentrok di Pesisir Barat Lampung