Meriahkan dies natalis ke-8, Itera gelar pameran dan workshop tanaman bonsai

id lampung, itera, kampus, universitas, sumatera, institut

Meriahkan dies natalis ke-8, Itera gelar pameran dan workshop tanaman bonsai

Meriahkan dies natalis ke-8 Itera gelar pameran dan workhsop tanaman bonsai. ANTARA/HO-Itera

Kegiatan ini juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Itera karena menjadi ajang memperkenalkan seni bonsai....

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengadakan workshop, talkshow, serta pameran tanaman bonsai yang merupakan rangkaian Dies Natalis ke-8 Itera.

Pameran tersebut merupakan bentuk kerja sama Itera dengan Perhimpunan Tanaman Bonsai Seluruh Lampung yang diadakan di lingkungan Kampus Itera, 5-6 Oktober 2022.

Dalam kegiatan yang dibuka oleh Rektor Itera diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Itera Prof. Dr. Eng. Khairurrijal. M.Si., turut hadir Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay. SH, MH., Ketua PPBI Pusat I Andreas Tukimin S.E., M. Kom., AK, CA., Ketua Praktisi Seni Bonsai Indonesia Dadang Setiawan, Firman Eka Putra, dan Ketua Pelaksana Dies Natalis ke-8, Dr. Rahmat Kurniawan, S.Si., M.Si.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Itera Prof. Dr. Eng. Khairurrijal. M.Si., mengaku senang Itera dapat menjadi tuan rumah kegiatan pameran hingga workshop bonsai atas inisiasi Ketua DPRD Provinsi Lampung, dan menggandeng Perhimpunan Bonsai Lampung.

Prof. Khairurrijal menyampaikan harapan mahasiswa ataupun dosen Itera dapat mengembangkan inovasi-inovasi baru dengan mengaitkan keilmuan, teknologi, dan seni dalam mengembangkan bonsai.

“Kegiatan ini juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Itera karena menjadi ajang memperkenalkan seni bonsai kepada kalangan masyarakat maupun sivitas akademika Itera. Selain itu, saya berharap mahasiswa dan seluruh sivitas akademika bisa mengembangkan lagi menggunakan sains dan teknologi terbarukan,” ujar Rizal.

Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay dalam sambutannya menyampaikan siap berkolaborasi dalam bidang pembangunan maupun sumber daya manusia yang unggul dan dapat mengambil kerja nyata di Itera.

Dia juga mengatakan, walaupun masih berumur delapan tahun, Itera memiliki banyak potensi dalam mengembangkan teknologi dan akademik yang dapat setara dengan kampus lain.

Ketua DPRD Lampung juga menilai, Itera memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan kampus berwawasan hutan dan bisa menjadi contoh kampus lain dalam komitmen menjaga kelestarian alam dari dalam kampus.

“Saya siap berkolaborasi dengan Itera di berbagai bidang pendidikan maupun pembangunan untuk melahirkan SDM yang unggul, dan mendorong Itera menjadi kampus berwawasan hutan dan percontohan bagi kampus lain agar pendidikan dan teknologi tidak turut menggerus kelestarian alam,” ujar Ketua DPRD Lampung itu pula.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan peresmian tanaman bonsai secara simbolis pemotongan pita. Pada pameran tersebut, bonsai yang dipamerkan merupakan bonsai yang didatangkan dari 15 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Lampung yang tergabung dalam Perhimpunan Pecinta Bonsai Indonesia.

Tanaman-tanaman tersebut telah didatangkan sejak 4 Oktober 2022, yang berjumlah 100 pohon bonsai. Seluruh bonsai tersebut sudah pernah dipamerkan dan telah mengikuti pameran nasional. 
Baca juga: Pameran riset dan inovasi meriahkan dies natalis ke-8 Itera
Baca juga: Rektor Itera hadiri peluncuran KeRIS dan MoU dengan dua PT BUMN