PT PJB Unit Pembangkitan Paiton-DMC Dompet Dhuafa buka layanan kesehatan gatis di Tasikmalaya

id Dompet Dhuafa, PT PJB Unit Pembangkitan Paiton, DMC Dompet Dhuafa, layanan kesehatan gatis, Tasikmalaya

PT PJB Unit Pembangkitan Paiton-DMC Dompet Dhuafa buka layanan kesehatan gatis di Tasikmalaya

PT PJB Unit Pembangkitan Paiton-DMC Dompet Dhuafa buka layanan kesehatan gatis di Tasikmalaya. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

Terima kasih kepada PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Unit Pembangkitan Paiton atas bantuan dan kolaborasinya.
Tasikmalaya (ANTARA) - PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Unit Pembangkitan Paiton berkolaborasi bersama Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa dalam menyelenggarakan Pos Layanan Kesehatan Gratis kepada 100 orang yang terdampak banjir dan longsor di Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (22/9).

Berdasarkan hasil pengecekan, beberapa warga mengalami gejala penyakit seperti gatal-gatal, diare, influenza, pusing, hingga demam berdarah. Adapun layanan kesehatan yang dilakukan meliputi tensi darah, tes saturasi oksigen, konsultasi dokter, dan pemberian obat.

Sebelumnya, banjir melanda beberapa titik di Kota Tasikmalaya pada Minggu (11/9) lalu. Ratusan jiwa terdampak, puluhan rumah terendam hingga hanyut akibat banjir tersebut.

"Terima kasih kepada PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Unit Pembangkitan Paiton atas bantuan dan kolaborasinya, sehingga kami bisa membantu masyarakat yang terdampak pasca banjir di Tasikmalaya," kata Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa.

Mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga lansia antusias menerima layanan kesehatan yang diberikan. Aksi layanan ini sangat membantu mereka memenuhi kebutuhan akan layanan kesehatan. 

"Terima kasih atas pos kesehatan gratis ini, warga di sini memang membutuhkan ini karena banyak yang sakit setelah adanya banjir," ujar Eno, warga terdampak banjir.

Pasalnya dengan aksi layanan kesehatan ini mampu meringankan mereka dalam mengakses layanan kesehatan. Cukup datang dan konsul dengan tenaga kesehatan yang ada. 

"Terima kasih kepada Dompet Dhuafa dan PT PJB sangat membantu untuk pengobatan gratis ini, untuk warga dari RW 01 dan RW 02 terutama yang terkena musibah banjir, terima kasih," ujar Siti Wardah, salah satu penerima manfaat yang juga merupakan ketua kader posyandu setempat

Selain di Tasikmalaya, PT PJB Unit Pembangkitan Paiton dan DMC Dompet Dhuafa juga akan membuka layanan serupa di posko pengungsian warga bencana awan panas guguran (APG) Semeru. 

"Kerja sama dan kolaborasi yang tercipta melalui gerakan Pos Layanan Kesehatan Gratis antara PT PJB Unit Pembangkitan Paiton dan DMC Dompet Dhuafa turut andil dalam percepatan proses recovery pada masyarakat terdampak bencana di Kelurahan Tawangsari, Kota Tasikmalaya," kata Agus Prastyo Utomo selaku General Manager PT PJB Unit Pembangkitan Paiton melalui pesan singkat. 

Pasalnya, hingga ini DMC Dompet Dhuafa masih terus mengupayakan pelayanan guna meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan bagi penyintas APG Semeru.

"Kami juga akan membuka layanan serupa di wilayah Lumajang, Jawa Timur," kata Haryo pula. 


Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 29 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
Baca juga: Surplus wakaf produktif Khadijah Learning Center diserahkan
Baca juga: Banjir ekstrem di Pakistan, DMC Dompet Dhuafa-We Care Foundation distribusikan ratusan paket sembako