Di Bangkok, batik dan sutra Thailand dipadukan dalam pameran

id batik,sutra,thailand

Di Bangkok, batik dan sutra Thailand dipadukan dalam pameran

Busana dari batik dan sutra Thailand diperagakan pada "Grand Thai Silk Fashion Extravaganza 2022" di Bangkok, Sabtu (28/05/2022). (ANTARA/HO-KBRI Bangkok)

Jakarta (ANTARA) - Kombinasi batik dan sutra Thailand (Thai Silk) ditampilkan pada peragaan busana Grand Thai Silk Fashion Extravaganza 2022 yang digelar di Bangkok, Sabtu (28/05).

Busana-busana yang dirancang oleh mahasiswa dari Uttaradit Vocational College (UTTVC) dan tim dari KBRI Bangkok itu diperagakan langsung oleh Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman dan istrinya, Riet Rietanty Budiman, di depan sekitar 700 penonton.

Acara itu diawali dengan penampilan 14 permanent secretaries (sekretaris jenderal) dari 14 kementerian dan lembaga di Thailand untuk mempromosikan sutra Thailand ke kancah internasional.

Peragaan lalu dilanjutkan oleh penampilan honorary model, yaitu para duta besar dan perwakilan negara sahabat.

Saat Dubes Rachmat dan istri tampil, layar di latar belakang menampilkan tayangan video promosi Candi Borobudur dan berbagai obyek wisata di Yogyakarta.

Busana yang diperagakan oleh mereka adalah karya kolaborasi dari tim UTTVC-KBRI Bangkok.

Sebelum dirancang, tim melakukan riset mengenai budaya dan kekayaan tekstil Indonesia yang cocok dipadukan dengan sutra Thailand.

Acara itu dibuka oleh Deputi Perdana Menteri Thailand Wissanu Krea-Ngam yang didampingi Menteri Kebudayaan Thailand IItthiphol Khunpluem.

Krea-Ngam menyampaikan apresiasinya kepada kalangan diplomatik yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan mengatakan bahwa kegiatan itu sangat istimewa karena sekaligus untuk memperingati ulang tahun ke-90 Ratu Sirikit.

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022