DMC Dompet Dhuafa-SEAHUM gulirkan kebaikan bagi kelompok rentan di Asia Tenggara

id Donpet Dhuafa

DMC Dompet Dhuafa-SEAHUM gulirkan kebaikan bagi kelompok rentan di Asia Tenggara

DMC Dompet Dhuafa-SEAHUM fulirkan kebaikan bagi kelompok rentan di Asia Tenggara. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Kamboja (ANTARA) - Islam adalah sebuah identitas yang menyatukan Asia Tenggara. Di dunia Islam, Muslim dari negara-negara Asia Tenggara dikenal sebagai Ashabul Jawi atau orang-orang dari Jawi. 

Hal inilah yang mendasari kegiatan Ramadhan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa di beberapa negara Asia Tenggara, seperti di Kamboja, Malaysia dan Timor Leste. 

Di Ramadhan kali ini, DMC Dompet Dhuafa, bersama Southeast Asia Humanitarian Committee (SEAHUM) menyalurkan sejumlah bantuan bagi kawan-kawan kelompok rentan di Asia Tenggara. 

Salah satunya di Ma'had Muhammadi Beng Broul (MMB) dan Panti Asuhan Diniyah, Desa Tbhaung Khmoum, Kamphong Cham, Provinsi Kamboja (30/04/2022).

Bantuan yang diberikan berupa Eid Gift for Teachers (Kado Lebaran untuk Guru/Ustadz), Eid Gift for Orphans (Kado Lebaran Yatim), Food Parcel for Eldery and Widow (Kado Lebaran untuk Lansia dan Janda) dan paket untuk berbuka puasa bersama. 

Tak kurang dari 200 penerima manfaat dari Kampung Cham yang mendapatkan bantuan sebagaimana yang disampaikan Umar Abdullah, Project Coordinator SEAHUM untuk Kamboja, “In syaa Allah 200 beneficiaries benefit in this program. On behalf of the villagers and people of Champa, we would say, ‘jazakumullah khairan katsira’. May Allah bless us in this Mubarak month,” ujarnya.

Dompet Dhuafa menyadari kebutuhan kelompok rentan juga perlu dipenuhi bagi mereka yang tinggal di mancanegara. Mulai dari lansia, anak yatim-piatu, hingga relawan sosial yang terus berjuang untuk misi kemanusiaan di luar Indonesia.

“Kampung Cham merupakan kampung Muslim di Kamboja. Di dalamnya terekam bahwa ulama-ulama kita dahulu sangat gigih menyebarkan Islam ke seluruh Asia Tenggara hingga ke Champa. Kini kita yang melanjutkan perjuangan para ulama Asia Tenggara untuk menyambung ukhuwah dan merawat umat di negeri muslim minoritas seperti di sini,” jelas Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa.

“Kami sangat berterima kasih pada para donatur Dompet Dhuafa. Semoga melalui bantuan ini jadi manfaat dan menguatkan identitas saudara-saudara kita di Kamboja,”tutup Haryo..

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.