Kapolda Lampung tinjau metode pengobatan UNTT di Tulang Bawang Barat

id Polda lampung, pengobatan untt, bupati tulang bawang barat

Kapolda Lampung tinjau metode pengobatan UNTT di Tulang Bawang Barat

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno bersama Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi saat meninjau fasilitas kesehatan UNTT. (Antaralampung/HO)

Salah satu metode tradisional yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam mengobati bermacam penyakit dengan menggunakan uap panas, dan rempah dalam ruang tertutup, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Kapolda Lampung Irjen Pol Drs.Hendro Sugiatno MM, bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Jumat, meninjau fasilitas kesehatan dan metode pengobatan yang berada di Desa Uluan Nughik, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung.

Uluan Nughik Thermal Therapy (UNTT) merupakan sebuah metode pengobatan yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Barat bekerja sama dengan beberapa dokter dan relawan.

Kapolda Lampung mengatakan, dengan adanya UNTT tersebut mudah-mudahan merupakan menjadi satu solusi dari upaya pengendalian dalam rangka menangani COVID-19.

Baca juga: Kapolda Lampung tegaskan penanganan COVID-19 kepada pejabat baru dilantik

"Saya sangat mengapresiasi Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad atas inovasi yang dilakukan pemkab dengan mendirikan dan mengembangkan UNTT ini,” katanya.

Direktur RSUD Tulang Bawang Barat dr. Pramono Satrio Wibowo mengatakan, metode UNTT tersebut mengadopsi dari kearifan lokal dimana sebagian besar masyarakat Lampung saat melakukan pengobatan menggunakan metode Betangas. 

"Salah satu metode tradisional yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam mengobati bermacam penyakit dengan menggunakan uap panas, dan rempah dalam ruang tertutup," kata dia.

Baca juga: Polda Lampung distribusikan 2.400 nasi kotak kepada masyarakat terdampak PPKM

Menurutnya, metode UNTT tersebut telah diterapkan selama tiga bulan dan sebelumnya telah diuji coba kepada beberapa sukarelawan dengan pengawasan ketat dari Tim UNTT yang terdiri dari beberapa dokter.

"Uji coba memberikan hasil baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh pasien," kata Pramono.

Kapolda bersama Forkopimda, Bupati Umar Ahmad serta beberapa Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama selanjutnya meninjau secara langsung ke instalasi UNTT.