Bupati Lampung Barat ikuti webinar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

id lampung, lampung barat, lambar

Bupati Lampung Barat ikuti webinar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, melakukan webinar dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia 2021 (Antaralampung/Doc Lambar)

Konservasi bukan hanya sekedar melakukan penanaman atau penghijauan tapi lebih luas lagi, konservasi adalah bagaimana kita berperilaku ramah terhadap lingkungan, katanya

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, mengikuti webinar dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pesagi kantor bupati setempatt, Kamis (3/6).

Acara webinar kali ini menghadirkan narasumber Wiratno selaku Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Yanyan Ruchyanayah selaku Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Eko Kuswanto selaku Ketua Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, dan Dr Noviar Andayani, Country Director Wildlife Conservation Society (WCS).

Bupati mengatakan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni sejak ditetapkan pada tahun 1974. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati untuk mendorong kesadaran dan tindakan orang-orang di seluruh dunia untuk melindungi lingkungan.

“Dalam upaya perlindungan, pengelolaan dan pemanfaatan sistem penyangga kehidupan dan pengawetan keanekaragaman hayati dalam konsep pembangunan berkelanjutan, maka Lampung Barat melalui Peraturan Bupati (Perbup) No: 48/2009 mencanangkan diri sebagai Kabupaten Konservasi yang juga dipertegas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2017-2022 sesuai Perda no 1 Tahun 2019 dengan tiga komitmen,” katanya.

Baca juga: Bupati Mesuji tandatangani MoU tentang ODF dengan 12 desa

Ia menjelaskan, untuk melaksanakan rencana kerja yang termuat dalam roadmap Kabupaten Konservasi tersebut perlu adanya dukungan dan kerja sama semua pihak  dan lintas sektoral karena untuk mewujudkan alam lestari masyarakat sejahtera merupakan tanggungjawab bersama.

“Konservasi bukan hanya sekedar melakukan penanaman atau penghijauan tapi lebih luas lagi, konservasi adalah bagaimana kita berperilaku ramah terhadap lingkungan, seperti mengurangi penggunaan kantong plastik, melakukan pemilahan sampah dari rumah, mengurangi penggunaan bahan kimia untuk pertanian, tidak melakukan illegal logging dan pembukaan lahan baru untuk pertanian dan lain sebagainya,” jelasnya.

Baca juga: Bupati Lampung Barat lantik 63 kepala sekolah

Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021 yaitu, pembinaan dan penilaian sekolah Adiwisata, Kalpataru, lomba kebersihan kantor, lomba kreasi daur ulang sampah tingkat SMP/MTs/sederajat dan SMA/SMK/MAN/sederajat, talkshow, webinar, gotong royong serentak dan penanaman pohon serentak di 15 kecamatan, 131 pekon/desa dan lima kelurahan yang ada di Lampung Barat.

 

Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar