Disinggahi berbagai jenis burung migran, Pantai Mutiara Baru jadi lokasi pengamatan burung

id Pantai mutiara baru, burung migran

Disinggahi berbagai jenis burung migran, Pantai Mutiara Baru jadi lokasi pengamatan burung

Pengamatan burung di Pantai Mutiara Baru Desa Karya Makmur, Lampung Timur/Foto Widiyanto/Istimewa

Karya Makmur, Lampung Timur (ANTARA) - Pantai  Lampung Timur yang berlumpur dan ditumbuhi banyak vegetasi mangrove menjadi tempat singgah sejumlah jenis burung air (shorebird) dari kawasan negara-negara Eropa dan Asia yang tengah bermigrasi.

Objek wisata Pantai Muatiara Baru dan sekitarnya di Desa Karya Makmur  Kecamatan Labuhan Maringgai  salah satu tempat yang disinggahi burung-burung migran.

Jenis-jenis burung air migran Eropa dan Asia serta endemik Indonesia yang singgah di Pantai Mutiara Baru seperti gajahan siberia, trinil, cerek, dara laut,  bangau bluwok,  bangau tong tong, leptoptilus javanicus, jenis kingfisher, burung jenis  kaki gagang bayam,  elang tiram, elang Jawa, alap alap Jepang, dan banyak jenis ragam burung pantai lainnya seperti bangsa ardea dan egrete.

Pada setiap akhir tahun di bulan November dan Desember kawanan burung itu melintas dan transit, puncaknya pada bulan Januari.

Kehadiran burung -burung-burung air migran tersebut  menjadi perhatian para pengamat burung.

Mereka melakukan pengamatan dan sensus burung air.

Widiyanto, pengelola objek wisata Pantai Mutiara Baru, Jumat (23/4/21) menyebutkan lembaga-lembaga yang datang ke Pantai Mutiara Baru untuk melakukan observasi burung migran di antaranya Asian Waterbird Cencus dari ITERA, Unila,  IPB bogor, UGM,

Shorebids Sumatera Cencus, Sahabat Burung Way Kambas, Unit Konservasi Fauna IPB, TFCA, Sumatera Herpetofauna, Bogor Nature and Wildlife Photograpy, National Geographic, Yayasan Hutan Biru, BirdBirdpacker.

Menurut Widiyanto yang adalah menjadi seorang pemerhati fauna burung, dari hasil pengamatan, jenis burung yang kembali transit yakni Ibis rokoroko.

"Ada beberapa burung yang datang lagi, ada sekitar 10 jenis burung yang saya lihat warnanya berbeda muncul, burung itu sudah sekitar 15 hari keliling mencari makan, salah satunya Ibis rokoroko," ujarnya.




 
 Burung mmigran di sekitar Pantai Mutiara Baru Desa Karya Makmur, Lampung Timur/Foto Widiyanto/Istimewa

Dia menyatakan, setelah beberapa bulan, berbagai jenis burung-burung migran yang singgah itu  akan terbang lagi entah kemana, tapi ada juga yang tetap tinggal di Pantai Mutiara Baru.