Mentan sebut Lampung potensial jadi contoh pertanian di Indonesia

id Mentan

Mentan sebut Lampung potensial jadi contoh pertanian di Indonesia

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo didampingi Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi melihat sapi di PT SUJ, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Metro Utara, Jumat (19/6). (Antaralampung.com/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo menyebutkan Provinsi Lampung sangat potensial untuk menjadi percontohan pertanian di Indonesia.

"Lampung yang sangat menjanjikan, hidup rakyat lebih baik. Semua tersedia oleh alam, bertani adalah sesuatu yang menjanjikan di sini," kata Mentan dalam sambutan saat meninjau penggemukan sapi di PT SUJ, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Metro Utara, Jumat. 

Menurutnya, Lampung memiliki sumber daya alam yang bagus untuk pertanian, kemudian didukung oleh sebagian besar masyarakat di provinsi ini yang menjadi petani.

"Jadi tinggal bagaimana manajemenya. Itu yang harus diperkuat. Nah ini tugas pemerintah dan juga DPRD," ucapnya.

Selain pertanian, kata dia, Provinsi Lampung juga bagus untuk pengembangan peternakan sapi. Pasalnya, Lampung sangat dekat dengan Ibukota DKI Jakarta, yang membuat pasokan daging akan bisa terserap.

Mentan menjelaskan, permasalahan dalam pengembangan peternakan yakni soal pakan. Namun, hal ini bisa diatasi dengan bahan pakan dari bahan baku lokal seperti batang singkong. 

"Ini sudah dibuktikan oleh PT SUJ. Mereka memanfaatkan bahan baku lokal," jelasnya. 

Oleh sebab itu, pihaknya bersama perbankan siap membantu pengembangan peternakan di Provinsi Lampung agar bisa semakin berkembang. 

"Kita akan dukung penuh upaya Pemprov Lampung untuk pengembangan peternakan. Saya bersama perbankan siap bantu, bisa melalui KUR maupun lainnya," tambahnya. 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar