HK bagikan masker dan APD untuk tenaga medis

id Lampung, hutama karya, jtts, virua corona

HK bagikan masker dan APD untuk tenaga medis

Penyaluran APD dan Masker oleh pegawai Hutama Karta untuk membantu penanganan COVID-19. (Foto : Antaralampung/Istimewa)

Bandarlampung (ANTARA) - Kasus positif COVID-19 di Indonesia yang kian hari kian bertambah membuat tenaga medis harus bekerja lebih keras dengan kondisi terbatas. Sulitnya mendapatkan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis menjadi landasan PT Hutama Karya menyalurkan bantuan berupa ribuan set APD lengkap sesuai standar serta ratusan kotak masker ke beberapa rumah sakit dan fasilitas kesehatan, sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19.

Adapun total sebanyak ribuan set APD lengkap dan juga ratusan kotak masker kesehatan disalurkan Hutama Karya serentak ke berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan mulai dari Jakarta hingga Sumatra.

Di Ibu kota Jakarta, bantuan berupa ratusan set APD lengkap diberikan Hutama Karya kepada tiga Rumah Sakit Rujukan COVID-19 yang berlokasi di Jakarta Timur yaitu RSUD Pasar Rebo, RS Bhayangkarya, dan RSUP Persahabatan. Bantuan diserahkan langsung oleh Manjer CSR/PKBL & Protokoler Hutama Karya, Agus Kosasih kepada manajemen masing-masing rumah sakit.

“Ini merupakan bantuan tahap lanjutan dimana sebelumnya kami juga telah menyalurkan ratusan APD dan masker ke tiga rumah sakit rujukan Covid-19 ini,” Kata Manjer CSR/PKBL & Protokoler Hutama Karya Agus Kosasih, melalui keterangan pers yang di terima di Bandarlampung, Rabu.

Wakil Direktur Keuangan dan Umum RS Pasar Rebo Drg. Endah P, mengatakan atas bantuan yang diberikan ini, pihak manajemen dari ketiga rumah sakit tersebut mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan.

“Kami akan memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya untuk penanganan Covid-19. Kami juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap di rumah saja taat kepada peraturan yang berlaku agar tidak menambah jumlah pasien positif Covid-19, biarkan kami yang bekerja menangani wabah ini,” ujar Drg. Endah P, Wakil Direktur Keuangan dan Umum RS Pasar Rebo.

Tak hanya di Jakarta, Hutama Karya yang saat ini sedang diamanatkan untuk membangun jalan tol di Sumatra juga menyalurkan bantuan APD dan masker bagi tenaga medis di sekitar proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Secara bersamaan, ribuan set APD ini disalurkan ke berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang tersebar di 5 provinsi di Sumatra yaitu Lampung, Bengkulu, Riau, Medan, hingga Aceh.

Di Provinsi Lampung APD disalurkan oleh tim proyek pembangunan jalan tol Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung kepada RS Immanuel Way Halim, Bandar Lampung dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayu Agung

Sedangkan, di Bengkulu, Hutama Karya berkolaborasi dengan PT HK Infrastruktur (HKI) melalui proyek pembangunan tol ruas Bengkulu – Taba Penanjung memberikan 3000 set APD dan masker kepada Gugus Tugas COVID-19 yang telah dibentuk oleh Pemerintah Daerah setempat untuk nantinya dapat disalurkan kepada masyarakat yang terkena dampak dari COVID-19.

Penyerahan diberikan secara sibolis oleh Project Director ruas tol Bengkulu – Taba Penanjung, Sri Hastuti Hardiningsih dan Kepala Proyek PT HK Infrastruktur (HKI) Ikhsan Harsono kepada Bupati Bengkulu Tengah Ferri Ramli di RSUD Bengkulu Tengah.

Provinsi Riau, Hutama Karya juga memberikan sekitar 2300 set APD dan box makser diserahkan secara simbolis oleh Hutama Karya dan HKI melaui proyek JTTS ruas Pekanbaru – Dumai kepada Kepala Kajati Riau, Ami Amiati di Kantor Kejati Riau untuk selanjutnya akan disalurkan ke RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.

Perlu diketahui juga program penyaluran bantuan ini juga melibatkan Sinergi BUMN seperti PT Angkasa Pura, PT Waskita Karya, PT PLN, PT Perkebunan Nusantara yang turut menyumbang baik sembako dan APD Medis.

Provinsi Sumatera Utara Hutama Karya melalui proyek JTTS ruas Indrapura – Kisaran juga menyerahkan puluhan set APD lengkap kepda RSUD Batu Bara, Sumatera Utara.

Sedangkan, melalui proyek JTTS ruas Sigli-Banda Aceh, puluhan set APD dan box masker serta vitamin disalurkan ke RSUD Zainoel Abidin selaku RS Rujukan COVID-19 di Banda Aceh dan Puskesmas Blang Bintang. Bantuan diserahkan langsung oleh Agus Arifin selaku PIC Satuan Tugas (Satgas) Bencana Hutama Karya di Kota Banda Aceh.

Bukan hanya APD dan masker, Hutama Karya melalui proyek JTTS ruas Medan-Binjai Seksi 1 juga menyalurkan bantuan ratusan paket sembako yang terdiri dari dari ratusan karung beras dan puluhan dos mie instan kepada beberapa desa di sekitar proyek Medan – Binjai

SEVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan menyampaikan bahwa pemberian bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Hutama Karya dalam upaya penekanan penyebaran COVID-19 yang tengah melanda saat ini.

“Manajemen Hutama Karya sangat peduli terhadap wabah yang saat ini merebak ditengah kita, mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat membantu petugas medis di rumah sakit dalam memerangi COVIDA-19,” terang Fauzan.

Lebih lanjut Fauzan menyampaikan bahwa penyaluran bantuan ini tidak akan berhenti sampai disini. Hutama Karya akan terus menyalurkan bantuan dalam bentuk APD lengkap, masker, kacamata, hand sanitizer, penyemprotan disinfektan dan lainnya yang dbutuhkan baik untuk tenaga medis maupun daerah di sekitar wilayah proyek Hutama Karya berada.