Ekonomi Amerika Serikat tumbuh 3,2 persen pada kuartal pertama

id pertumbuhan ekonomi AS,ekonomi kuartal pertama,PDB riil

Ekonomi Amerika Serikat  tumbuh 3,2 persen pada kuartal pertama

Ilustrasi: Ekonomi AS kuartal pertama 2019 tumbuh 3,2 persen, lebih cepat dari yang diperkirakan para ekonom. (Foto: Reuters)

Washington (ANTARA) - Ekonomi Amerika Serikat tumbuh pada tingkat tahunan 3,2 persen di kuartal pertama 2019, data yang dirilis Jumat oleh Departemen Perdagangan menunjukkan.

Tingkat pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) riil itu menunjukkan percepatan ekspansi ekonomi dari tingkat tahunan yang direvisi turun sebesar 2,2 persen pada kuartal keempat 2018.

Peningkatan akselerasi yang lebih cepat dari apa yang diperkirakan para ekonom, sebagian besar didorong oleh ekspor yang kuat dan investasi persediaan swasta, menurut laporan departemen.

Ekspor naik 3,7 persen pada kuartal tersebut, sementara ekspor neto, diukur dengan ekspor dikurangi impor, memberikan kontribusi 1,03 poin persentase terhadap pertumbuhan PDB kuartal tersebut.

Mengingat ketidakpastian dalam arus perdagangan antara Amerika Serikat dan mitra-mitra dagangnya akibat gesekan yang sedang berlangsung, peningkatan ekspor diyakini bersifat insidental dan bukan kekuatan pendorong abadi bagi perekonomian.

Sedangkan untuk investasi persediaan, kategori lain yang sebagian besar dianggap volatil, persediaan swasta nonpertanian menambahkan 0,67 poin persentase ke pertumbuhan dalam periode tiga bulan. Departemen itu mengatakan percepatan mencerminkan peningkatan persediaan manufaktur untuk industri barang tahan lama dan tak taham lama.

Pertumbuhan pengeluaran konsumen, yang menyumbang lebih dari dua pertiga dari output ekonomi AS, melambat menjadi 1,2 persen, dibandingkan dengan kenaikan 2,5 persen pada kuartal terakhir 2018.

Investasi bisnis, sementara itu, lebih kuat dari pada kuartal keempat, tetapi kenaikan investasi tetap non-perumahan melemah ke tingkat tahunan 2,7 persen, turun dari 5,4 persen pada kuartal sebelumnya.