Benarkah Potensi Wisata Lampung Belum Optimal Dikembangkan?

id Pengembangan Wisata Lampung

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Benarkah sektor pariwisata di Lampung belum secara optimal dikembangkan? 

Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri mengatakan perkembangan sektor wisata di provinsi itu cenderung stagnan karena potensi wisata belum dikembangkan optimal.

"Sangat disayangkan berbagai potensi wisata di Lampung tidak tergarap optimal karena minimnya peran pemerintah sebagai rekan kerja dunia wisata yang dikelola oleh pihak swasta," katanya saat rapat koordinasi lintas sektoral penyelenggaraan kepariwisataan di Pantai Sari Ringgung Pesawaran, Kamis (4/12).

Menurut dia, potensi yang besar di sektor wisata ini sangat disayangkan apabila tidak memberikan sumbangsih maksimal bagi pembangunan di Lampung.

Ia menekankan, peran pemerintah bukan sebagai penyelenggara wisata, namun guna mendukung dunia swasta melakukan pengembangan wisata di Provinsi Lampung.

"Kami sifatnya memberikan fasilitas terhadap sarana dan prasarana, termasuk kemudahan perizinan usaha wisata, sehingga mampu menarik minat investor di bidang pariwisata," kata dia.

Ia juga berharap ke depan dengan adanya rapat koordinasi lintas sektoral, dapat dicari persoalan-persoalan yang menyebabkan lambatnya perkembangan sektor wisata di Lampung.

Padahal, ia menambahkan potensi wisata di Provinsi Lampung sangat potensial untuk dijadikan destinasi wisata.

"Liat saja begitu indahnya pantai-pantai di pesisir Teluk Lampung, namun anehnya perkembangannya jalan di tempat," ujarnya pula.

Bachtiar juga meminta seluruh stackholder dan instansi pemerintah dapat mendukung upaya percepatan pembangunan wisata di daerah ini.

Ke depan, Pemprov akan mengembangkan dermaga marina guna mengakomodasi angkutan laut sekaligus sebagai pengembangan wisata bahari yang sangat potensial.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Herlina Warganegara menyebutkan pihaknya akan membemtuk tim teknis guna merumuskan upaya-upaya mempercepat pembangunan serta meningkatkan tingkat kunjungan wisata ke setiap destinasi wisata di Provinsi Lampung.

"Rumusan ini akan melibatkan seluruh sektor baik instansi pemerintah maupun holding wisata di Lampung guna memaksimalkan perkembangan dunia ini," kata dia.