Badai Landa Amerika Serikat Tengah

id Badai Landa Amerika Serikat Tengah, Alam, Lingkungan, Cuaca, Hujan, Tornado

Badai Landa Amerika Serikat Tengah

Foto serangan angin topan. (Google.Com-ANTARA).

Sebanyak 33 penerbangan dibatalkan Selasa akibat banjir bandang."
Omaha,Nebraska (Antara/Reuters) - Badai kuat menghantam Amerika Serikat tengah, Selasa, memaksa satu pemungutan suara dalam pemilihan pendahuluan di Iowa ditangguhkan dan menyebabkan penerbangan dihentikan di satu bandara Nebraska.

Sejumlah 12 orang mengalami luka ringan setelah dihantam hujan es yang besar ketika melarikan diri di Walmart di Blair, Nebraska, utara Omaha,kata kepala Barisan Pemadam Kebakaran  Kent Nicholson.

"Ada suara seperti orang sedang mengebor gedung kami di daerah toko kami," kata Nicholson, yang sedang bekerja saat badai itu.

Juru bicara lapangan terbang Eppley, Joe Rotterdam mengatakan penerbangan terhenti selama empat jam  di bandara Omaha.

Sebanyak 33 penerbangan dibatalkan Selasa akibat banjir bandang, katanya.

Para pengamat badai melaporkan setidaknya delapan tornado  menghantam Nebraska, satu di Iowa dan yang lainnya di Wyoming, kata Badan Cuaca Nasional (NWS).

Hujan es, yang besarnya sama dengan bola golf sampai bola tenis menghantam daerah-daerah Wyoming, setengah bagian dari utara Nebraska dan pinggir barat daya South Dakota dan Iowa, kata Badan Cuaca Nasional.

Pemungutan suara pemilihan pendahuluan ditangguhkan Selasa petang di Pottawattamie County dan Montgomery County saat para petugas pemilihan, bersama dengan para pemilih,yang berusaha mencari perlindungan.

Angin dilaporkan berkecepatan sampai 145 km per jam  menerbangkan atap dua motel di Lembah Missouri, Iowa juga  mengancam  kawasan itu  Selasa malam  dan diperkirakan akan beregerak ke timur Rabu pagi, kata ahli meteorologi senior AccuWeather.com, Alex Sosnowski.

"Badai-badai ini dapat menumbangkan pohon, tiang listrik dan membahayakan perjalanan pada Rabu pagi." katanya.

Pakar Pusat Prediksi Badai Nasional (NSPC) Bill Bunting di Norman, Oklahoma, mengatakan badai terkuat dapat menimbulkan topan, dengan kemungkinan topan berkategori EF-2 atau lebih tinggi dan angin berkecepatan 217km per km atau lebih.

Satu peringatan tornado diberlakukan Selasa malam pada daerah luas Nebraska, Iowa barat daya dan Missouri barat laut, dan Iowa tengah diberlakukan peringatan banjir bandang, kata badan cuaca itu.

Pada Rabu, badai diperkirakan akan bergerak ke Missouri timur, Illinois tengah, Indiana, Kentucky, Ohio selatan, daerah-daerah Tennessee dan West Virginia, kata para pakar cuaca.

Jejaring sosial AccuWeather.com mengatakan badai-badai itu dapat menimbulkan curah hujan 5-10 cm, dengan kemungkinan banjir bandang di sejumlah daerah.

Penerjemah: R. Nurdin/A. Krisna.