PLN tambah 13 titik baru SPKLU di jalan tol Lampung

id pln lampung, spklu, jalan tol sumatera, tol lampung, arus mudik

PLN tambah 13 titik baru SPKLU di jalan tol Lampung

PLN tambah 13 titik baru SPKLU di jalan Tol Lampung (ANTARA/HO)

PLN sangat siap menyambut para pemudik pengguna kendaraan listrik baik yang bertujuan ke Lampung atau yang hanya melintas
Bandarlampung (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung menambah 13 titik baru stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera, ruas Lampung.

"Pembangunan 13 titik baru SPKLU tersebut dikebut PLN dalam waktu satu malam hingga beroperasi," kata General Manager PLN UID Lampung Sugeng Widodo dalam keterangannya di Bandarlampung, Selasa.

Langkah itu dilakukan PLN dalam upaya memberikan rasa tenang dan nyaman khususnya bagi pemudik pada momen Idul Fitri 1445 Hijriah yang akan menggunakan kendaraan listrik saat melintasi ruas tol Lampung.

Penambahan titik baru SPKLU tersebut untuk memperkuat 7 titik SPKLU yang sebelumnya telah beroperasi.

Ia mengatakan penambahan titik SPKLU ini merupakan komitmen PLN dalam upaya menyiapkan sebaran infrastruktur ekosistem kendaraan listrik di Provinsi Lampung.

Pihaknya akan terus perbanyak SPKLU khususnya di Lampung, agar kepercayaan publik terus meningkat dan menyegerakan beralih ke kendaraan listrik.

Selain memperbanyak jumlahnya, PLN juga memastikan bahwa seluruh SPKLU yang tersedia dapat beroperasi secara baik dan optimal, sehingga siap melayani dan memudahkan masyarakat yang melakukan pengisian daya untuk kendaraan listriknya saat mudik lebaran nanti.

Sugeng menambahkan, terdapat tiga jenis pengisian daya pada SPKLU yang beroperasi dan siap melayani kebutuhan pengguna kendaraan listrik, di antaranya jenis medium charging, fast charging, hingga ultra fast charging.

"PLN sangat siap menyambut para pemudik pengguna kendaraan listrik baik yang bertujuan ke Lampung atau yang hanya melintas, tentunya kehadiran penambahan titik baru SPKLU ini akan memberikan rasa tenang dan nyaman bagi penggunanya," ujar Sugeng.

Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UID Lampung Wira Bhakti Dharma merinci sebaran titik baru SPKLU yang berada di ruas tol Lampung (Bakauheni arah Kayu Agung), di antaranya Rest Area Km 20A, Rest Area Km 33A, Rest Area Km 67A, Rest Area Km 87A, Rest Area Km 116A, Rest Area Km 208A, Rest Area Km 234A.

Titik baru SPKLU yang berada di ruas tol Lampung (Kayu Agung arah Bakauheni), di antaranya Rest Area Km 215B, Rest Area Km 116B, Rest Area Km 87B, Rest Area Km 67B, Rest Area Km 49B, dan Rest Area Km 33B.

Penambahan titik baru SPKLU tersebut untuk memperkuat 7 titik SPKLU yang sebelumnya telah beroperasi, di antaranya Rest Area Km 49A, Rest Area Km 163A, Rest Area Km 172B, Rest Area Km 20B, SPKLU Els Coffee and Roastery Jalan Soekarno Hatta Bandarlampung, SPKLU Kantor PLN UP3 Tanjung Karang, dan SPKLU Kantor PLN UID Lampung, sehingga total keseluruhan SPKLU yang beroperasi di Lampung ada 20 titik.

Ia menambahkan untuk memudahkan masyarakat untuk mengetahui lokasi SPKLU serta melakukan transaksi pengisian daya kendaraan listriknya, maka masyarakat dapat menggunakan aplikasi PLN Mobile.

"Cukup buka aplikasi PLN Mobile, pilih fitur electric vehicle, lalu pilih SPKLU kemudian PLN Mobile akan menampilkan sejumlah titik SPKLU terdekat dengan penggunanya," kata Wira.