Amerika tuding balon mata-mata China ada kaitan dengan penyedia internet AS

id amerika serikat,china,balon mata-mata,perusahaan internet

Amerika tuding balon mata-mata China ada kaitan dengan penyedia internet AS

Sejumlah peserta mengikuti kejuaraan balon udara di Oblast Leningrad, Rusia, Sabtu (27/5/2023). ANTARA FOTO/Xinhua/Irina Motina/rwa.

Istanbul (ANTARA) - Amerika Serikat menuding pesawat mata-mata China yang melintas di atas AS awal tahun ini berkomunikasi dengan China melalui layanan penyedia internet yang berbasis di AS.

Seorang pejabat intelijen AS yang tak ingin disebutkan namanya menduga bahwa, berdasarkan penyelidikan, sebuah perusahaan internet AS menyediakan layanan agar balon China itu terus berkomunikasi, sebut NBC News pada Jumat.

Pejabat itu melaporkan bahwa perusahaan internet tersebut digunakan untuk mengirim dan menerima informasi dari China melalui balon tersebut.

Dalam penyelidikan internal, perusahaan yang namanya tidak disebutkan dengan alasan keamanan itu menyatakan tak ada bukti yang mendukung tuduhan tersebut.

Baca juga: Meksiko tolak permintaan AS terbang di udara mereka cari balon udara

“Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, pesawat tersebut, yang digunakan untuk penelitian meteorologi, secara tidak sengaja melayang di atas AS karena arah angin barat dan kemampuan kemudi mandiri yang terbatas,” kata juru bicara Kedutaan Besar China di Washington.

Pada 3 Februari, Pentagon melaporkan bahwa balon intelijen di atas ketinggian milik China terbang di atas benua AS dan melewati fasilitas-fasilitas militer yang sensitif, termasuk depot-depot hulu ledak nuklir dan rudal jarak jauh di negara bagian Montana.

China mengungkapkan balon tersebut wahana sipil yang digunakan untuk penelitian meteorologi yang tak sengaja melayang masuk  wilayah udara AS akibat kurangnya kemampuan kendali, gara-gara angin.

Penjelasan Beijing tidak memuaskan Washington. Pada 4 Februari, ketika  berada di atas Samudera Atlantik, balon itu ditembak oleh pesawat militer AS di atas perairan teritorial Amerika, atas perintah Presiden Joe Biden.

China kemudian memprotes AS karena "menggunakan kekuatan untuk mengatasi wahana udara sipil tanpa awak".

Baca juga: Produsen balon China bantah punya hubungan dengan balon yang ditembak

Sumber: Anadolu
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Balon mata-mata China disebut ada kaitan dengan penyedia internet AS