Polisi siap wujudkan pemilu damai dan kondusif di Lampung Barat

id Lampung Barat ,Polisi ,Pemilu 2024

Polisi siap wujudkan pemilu damai dan kondusif di Lampung Barat

Suasana saat sejumlah polisi menjaga dan mengamankan kegiatan deklarasi pemilu damai di Lampung Barat. (ANTARA/HO-Humas Polres Lampung Barat)

Hindari dan jangan terprovokasi dan berita hoaks, katanya

Lampung Barat (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Lampung Barat, Polda Lampung, berupaya menciptakan pemilihan umum yang damai dan adil sehingga terwujud situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.

Wakapolres Lampung Barat Kompol Robi B Wicaksono, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Selasa, mengatakan dalam kegiatan Deklarasi Damai Pemilu 2024, pihaknya meminta kepada seluruh peserta pemilu agar bersama-sama menciptakan situasi damai.

"Hari ini kita hadir untuk bersatu dalam semangat demokrasi. Jangan jadikan pesta demokrasi menjadi nuansa untuk adu domba dan menimbulkan konflik. Mari bersama-sama, kita ciptakan pemilu yang aman, damai dan sejuk," kata dia.

Wakapolres mengimbau kepada seluruh masyarakat agar saling menghargai walaupun pilihan berbeda jangan sampai memecah belah persatuan.

Ia juga meminta peran aktif masyarakat dalam mewujudkan pemilu damai, adil, tertib dan lancar karena menjaga situasi kamtibmas bukan hanya tugas kepolisian tetapi juga perlu dukungan masyarakat

"Hindari dan jangan terprovokasi dan berita hoaks. Partisipasi kita dalam deklarasi ini adalah langkah awal menuju pemilu yang damai dan bermartabat," katanya.

Deklarasi ini menurut dia, menciptakan harmoni di tengah perbedaan pandangan politik. 

Kabupaten Lampung Barat harus menunjukkan kepada publik bahwa demokrasi dapat berkembang dalam suasana yang penuh toleransi dan rasa hormat. 

"Deklarasi hari ini adalah tonggak awal untuk suksesnya Pemilu Serentak 2024 yang adil, aman, dan damai di Lampung Barat," ujar dia.