Rektor Unila Buka Kejuaraan Pencak Silat Piala Rektor Unila 2023

id lampung, unila, kampus, perguruan tinggi, universitas

Rektor Unila Buka Kejuaraan Pencak Silat Piala Rektor Unila 2023

Rektor Unila Buka Kejuaraan Pencak Silat Piala Rektor Unila 2023 (ANTARA/HO-Unila)

Bandarlampung (ANTARA) - Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Lusmeilia Afriani, membuka kejuaraan Pencak Silat Piala Rektor Unila 2023 yang berlangsung di gedung serbaguna setempat, Jumat, 8 September 2023 lalu.

Kejuaraan yang digelar hingga Minggu, 10 September 2023 ini mengusung tema “Demi Prestasi Harumkan Nama Negeri Bangkit Bersinergi Membangun Insan Berbudi”. Pembukaan secara simbolis dilakukan dengan pemukulan gong oleh rektor.

Kejuaraan Pencak Silat Piala Rektor ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Unila yang bertujuan untuk melestarikan pencak silat sebagai kesenian bela diri asli Indonesia.

Selain itu, kegiatan menjadi ajang silaturahmi antarpesilat di seluruh Indonesia, meningkatkan kualitas prestasi para atlet di satuan instansi pendidikan maupun perguruan pencak silat di Indonesia, serta wujud kontribusi menjunjung nama baik Unila.

Muhammad Dahril selaku ketua pelaksana melaporkan, kejuaraan pencak silat ini diikuti 1.259 atlet yang tergabung dalam instansi pendidikan maupun perguruan pencak silat di seluruh Indonesia.

Peserta kejuaraan terdiri dari 180 atlet usia dini, 478 atlet praremaja, 478 atlet remaja, dan 123 atlet dewasa yang berasal dari 134 kontingen.

Prof. Lusmeilia berpesan agar seluruh peserta selalu melihat setiap pertandingan sebagai sarana untuk menggali potensi dan mengasah minat bakat dalam diri sendiri dengan bersaing secara sehat.

“Saya ingin mengingatkan kemenangan sejati bukan hanya tentang meraih medali emas, tetapi juga tentang bagaimana Anda berkompetisi dengan sportivitas dan menjunjung tinggi etika olah raga,” ujarnya.

Prof. Lusmeilia juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh panitia, pelatih, serta atlet yang telah bekerja dan berlatih keras untuk membuat acara ini terselenggara dengan sukses.

Dirinya berharap, melalui kejuaraan ini tercipta bibit-bibit atlet yang unggul dan dapat bersaing di kejuaraan lebih luas lagi.

Pada kesempatan itu turut hadir Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia Lampung Faishol Djausal. Ia mengajak seluruh peserta untuk selalu melestarikan warisan budaya yang sudah ada agar tak hilang oleh kikisan zaman.

Dirinya juga berharap, melalui kejuaraan ini para atlet dapat berlaga dengan sportif dan mendapatkan prestasi yang baik.

Turut hadir dalam kejuaraan ini para wakil rektor Unila, perwakilan DPD RI Bustami Zainudin dan Abdul Hakim, ketua Perwapus Lampung yang diwakilkan Eko Budi, Pembina Perwapus Lampung Supeno, Ketua Cabang PSHT Bandarlampung Sukoco, dan Ketua IPSI Bandarlampung Bobby Irawam. (Rls)

BERITA KERJA SAMA