SMK Muhammadiyah I Marga Tiga raih juara pertama Suzuki Vocational Contest 2023

id svc 2023, smk muhammadiyah, juara kontes kejuruan, suzuki

SMK Muhammadiyah I Marga Tiga raih juara pertama Suzuki Vocational Contest 2023

SMK Muhammadiyah I Marga Tiga juara Suzuki Vocational Contest 2023 (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - SMK Muhammadiyah I Marga Tiga Lampung Timur berhasil menyabet juara pertama Suzuki Vocational Contest (SVC) 2023 dan berhak mendapatkan hadiah mobil Suzuki New Carry.

SMK Muhammadiyah I Marga Tiga di final mengalahkan empat finalis lainnya yakni SMKN 2 Bandarlampung, SMKN 2 Metro, SMK Muhammadiyah Gisting, dan SMKN 9 Bandarlampung.

"Kegiatan ini merupakan kontes keterampilan siswa SMK jurusan otomotif di Provinsi Lampung dan menjadi salah satu gebrakan yang positif untuk memajukan keterampilan siswa dalam pengetahuan otomotif," kata After Sales Manager PT Suzuki Persada Lampungraya, Idi Setiadi, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan kegiatan kontes kejuruan bidang otomotif ini merupakan bentuk dukungan Suzuki Persada Lampungraya dan Suzuki Indomobil Sales dalam memberi dukungan kepada teman-teman di sekolah dalam kompetensi teknik sehingga siap untuk menghadapi dunia industri ketika lulus nantinya .

Suzuki Persada yakin dengan event ini selain menjadi salah satu event silaturahmi di kalangan akademik dan industri, juga akan menjadi tradisi baik buat teman teman sekolah.

Sehingga lanjutnya, guru dan siswanya akan mendapatkan ruang belajar dalam berkompetisi dan mengasah kemampuan.

"Kami juga akan terus mendukung bidang pendidikan khususnya dunia otomotif diantaranya menjadi guru tamu dengan memberikan pelatihan atau mengajar ke SMK di Lampung," katanya.

Idi mengatakan bahwa SVC 2023 yang baru pertama kali dihelat di Lampung ini diikuti 19 SMK di Lampung.

Masing-masing SMK mengirim perwakilan 1 orang guru dan 1 orang siswa yang mengikuti ujian teori. Kemudian di final siswa akan mengikuti ujian teori dan praktik.

"Kami berharap tahun depan peserta SVC 2023 semakin banyak lagi mengingat jumlah SMK di Lampung sekitar 400 an dan jurusan otomotif ada 150 SMK," tambahnya.

Kelima peserta di babak final  mendapatkan dukungan untuk praktik di sekolah berupa  1 unit New Carry untuk juara 1, 1 set Engine untuk juara 2, 1 set transmisi untuk juara ke 3 dan ke empat, dan 1 set gardan untuk juara ke lima.